Posko Mudik
Bandara I Gusti Ngurah Rai Resmikan Posko Terpadu Idul Fitri, Pastikan Mudik Aman Berkesan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pengguna jasa bandara, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai kembali membuka Posko Terpadu Angkutan Udara Idul Fitri 2023 selama periode Idul Fitri mulai 14 April – 2 Mei 2023. Posko diselenggarakan guna memastikan Mudik Aman Berkesan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai – Bali, Handy Heryudhitiawan menyampaikan penyelenggaraan posko merupakan kolaborasi dengan seluruh stakeholder di lingkungan bandara.

“Pada hari ini, Jumat (14/4/2023) kami telah melaksanakan Apel Pembukaan Posko bersama seluruh stakeholder bandara. Dapat kami pastikan seluruh fasilitas Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai siap untuk menyambut peningkatan jumlah penumpang pada periode Idul Fitri 2023,” jelasnya.

Handy menjelaskan, di hari ini pula pihaknya bersama dengan Kantor Otoritas Bandara Wilayah IV menggelar Kampanye Keselamatan (Safety Campaign) Penerbangan di lingkungan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Baca Juga :  Pertamina Goes To Campus, Langkah Kolaborasi Pertamina Hadapi Trilema Energi

“Kami berharap pesan dari kegiatan ini dapat tersampaikan dengan baik kepada seluruh pengguna jasa, bahwa transportasi udara merupakan transportasi yang aman, nyaman, dan cepat,” harap Handy.

Handy menambahkan, bahwa puncak arus mudik di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai diprediksi akan terjadi pada 19 April 2023. Sedangkan untuk puncak arus balik, diprediksi akan terjadi pada 2 Mei 2023.

“Saat ini sudah ada beberapa maskapai yang mengajukan penerbangan tambahan atau extra flight.  Per 14 April 2023 ada rencana 258 extra flight dari lima maskapai yang mengajukan. Lima maskapai yang mengajukan antara lain Indonesia AirAsia, Citilink, Pelita Air, Super Air Jet, dan Batik Air. Prediksi tiga besar rute yang dilayani tentunya Jakarta, Surabaya, dan Makassar,” tambah Handy.

Lebih lanjut kata Handy, untuk penerbangan domestik pada saat ini mengalami sedikit penurunan, dengan melayani 14 hingga 15 ribu penumpang domestik per harinya.

“Namun pada masa puncak arus mudik dan arus balik kami memprediksi penumpang domestik berpotensi mencapai 30 ribu penumpang domestik per hari,” ujar Handy.

Hingga dengan Maret 2023, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai telah melayani 2.101.511 penumpang domestik. Adapun rute domestik dengan penumpang terbanyak adalah Jakarta (Soekarno-Hatta) dengan 1.110.419 penumpang, Surabaya dengan 289.482 penumpang, dan Makassar dengan 117.992 penumpang.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News