Astra
Eko S.A. Cahyanto, SH, LL.M, Direktur Jenderal Ketahanan Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (kanan) bersama dengan Trisna Sagita Wijaya, Sales & PPIC Dept Manager PT Akebono Brake Astra Indonesia (kiri) menjelaskan kepada kontingen media Jerman terkait kesiapan teknologi Astra melalui PT Akebono Brake Astra Indonesia dalam adopsi digitalisasi dan kesiapannya untuk bekerja sama dengan pelanggan di seluruh dunia pada Hannover Messe 2023 di Jerman, Senin (17/4/2023). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – PT Astra International Tbk (Astra) berkomitmen untuk mendukung keikutsertaan Indonesia dalam ajang pameran teknologi industri dunia Hannover Messe 2023 di Hannover, Jerman pada 17-21 April 2023. Tema yang diangkat pada Hannover Messe 2023 adalah ‘Infinite Journey’.

Presiden Komisaris Astra, Prijono Sugiarto turut hadir sebagai pembicara dalam salah satu agenda Business Summit pada Senin (17/4/2023), bersama dengan Chairman of the Board of Executive Directors BASF SE, Martin Brudermüller dalam sesi Flashlight on Indonesian-German Business Cooperation.

“Sebagai partner country Hannover Messe, Indonesia memiliki kesempatan untuk menampilkan kekuatan teknologi yang dimiliki dalam bidang industri serta menjadi momentum yang baik sekaligus peluang untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan. Kami berharap partisipasi Astra dalam Hannover Messe dapat mempromosikan berbagai produk 4.0 yang dimiliki sebagai upaya percepatan implementasi yang dapat meningkatkan nilai ekspor dalam negeri,” ujar Chief of Corporate Affairs Astra, Riza Deliansyah.

Adapun anak perusahaan Astra yang bergerak di industri komponen otomotif dan non otomotif, PT Astra Otoparts Tbk kembali berpartisipasi dalam Hannover Messe dengan memamerkan produk-produk 4.0 yang diharapkan tidak hanya meningkatkan nilai ekspor namun juga dapat menarik penanaman modal asing atau foreign investment dengan menunjukkan kapasitas, kompetensi, dan kapabilitas manufaktur Astra Otoparts.

Baca Juga :  PLN Imbau Waspadai Pungli dan Cermati Informasi Rekrutmen Bersama BUMN

Astra Otoparts dalam Hannover Messe 2023

Sebagai pameran teknologi terbesar, keikutsertaan Astra Otoparts dalam Hannover Messe 2023 ini diharapkan dapat membawa dampak positif melalui pengenalan produk-produk baik domestik maupun internasional. Berbagai produk yang sudah terbukti mampu bersaing dihadirkan kembali baik secara fisik maupun digital. Selain itu, beberapa produk teknologi juga dihadirkan sebagai pendukung proses manufaktur untuk menghasilkan produk-produk kompetitif di antaranya Automation System, Manufacturing Execution System, dan beberapa produk digital lainnya.

Selain menampilkan produknya pada booth Astra Otoparts yang bertema ‘Journey to Embrace the Future’ di Pavillion Indonesia, Astra Otoparts juga menunjukkan kapabilitas proses manufaktur yang sedang bertransformasi menuju Industri 4.0, di antaranya Integrated Automation System dengan real-time monitoring control menggunakan platform SCADA (Supervisory Control and Data Acquisition), Realtime Achievement menggunakan Light MES (Manufacturing Execution System) dan aplikasi digital lain yang sudah digunakan di area produksi atau shopfloor anak perusahaan. Astra Otoparts juga menampilkan future product yang baru saja diluncurkan maupun yang sedang dalam proses riset dan pengembangan, di antaranya Astra Otopower, CNC Powerlathe dan beberapa alat kesehatan.

Baca Juga :  Ramadan Makin #GGBerkahnya Bersama POCO

Hadir pula anak perusahaan yang memproduksi sistem pengereman kendaraan bermotor yaitu PT Akebono Brake Astra Indonesia (AAIJ) yang menghadirkan perjalanan implementasi

Industri 4.0. Saat Ini AAIJ merupakan perusahaan National Lighthouse yang dijadikan tolak ukur dalam teknologi dan strategi implementasi dari Industri 4.0 di bidang manufaktur.

Dalam Hannover Messe 2023 ini, selain menunjukkan produk unggulan dan terbaru, AAIJ juga menunjukkan beberapa implementasi Industri 4.0 yang sudah dilakukan, di antaranya Production Dashboard, implementasi penggunaan drone sebagai material handling solution, implementasi lean manufacturing yang terintegrasi secara digital dan implementasi penggunaan collaborative robot. Pada implementasi collaborative robot, AAIJ bekerja sama dengan Sekolah Vokasi Universitas Gajah Mada (UGM) sebagai bentuk kolaborasi di dalam ekosistem Industri 4.0.

Baca Juga :  Libur Lebaran di Bali Nyaman Pakai Mobil Listrik, Ini Alasan Mereka

Komitmen Astra bersama Grup Astra dalam mendukung sekaligus berpartisipasi pada gelaran Hannover Messe 2023 sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals Indonesia.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News