Lomba Poster Digital
Wawali Arya Wibawa Hadiri Lomba Poster Digital. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Guna menumbuhkan minat literasi dan semangat kreatif warga Kota Denpasar di jaman digital serta dalam rangka pelaksanaan promosi dan pembudayaan kegemaran membaca dan literasi di era digital, Pemkot Denpasar melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar melaksanakan kegiatan lomba poster digital bertajuk “Denpasar Maju, Kota Literasi”, Jumat (17/3/2023) bertempat di Ruang Audio Visual Gedung Dharma Negara Alaya.

Kegiatan ini di hadiri Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, Ketua GOW Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar, Dewa Nyoman Sudarsana beserta unsur terkait lainya.

Wakil Wali Kota Arya Wibawa saat membacakan sambutan Wali Kota Denpasar secara tertulis mengatakan, Literasi tidak hanya masalah baca tulis tapi bagaimana pemahaman dan penguasaan suatu ilmu pengetahuan untuk menghasilkan barang dan jasa berkualitas. Dengan literasi akan dapat menciptakan sumber daya manusia yang cerdas, paham dan terampil sehingga menjadi sumber daya manusia yang produktif. Era digital saat ini memaksa kita untuk lebih akrab dengan teknologi, berbagai informasi dapat kita peroleh dengan sangat mudah dan cepat. Kita juga dapat berbagi informasi dan menuangkan imajinasi kita dalam bentuk karya digital berupa gambar dan tulisan yang dikreasikan melalui pembuatan poster digital dalam kegiatan lomba ini.

“Kedepan saya berharap para generasi muda mampu memanfaatkan event-event yang ada seperti ini baik dilaksanakan oleh pemerintah daerah melalui dinas perpustakaan dan kearsipan maupun penyelenggara lainnya, untuk terus berkarya, produktif, kreatif dan inovatif menuju masyarakat yang sejahtera,” ungkapnya.

Baca Juga :  Akhiri Masa Jabatan, Konjen Jepang Berpamitan pada Wali Kota Jaya Negara

Sementara Kepala Bidang Deposit dan Pengembangan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar, A.A Sagung Yuli Suryawathi mengatakan, lomba poster digital ini diselenggarakan untuk memberikan ruang kreatifitas masyarakat dalam menuangkan ide, gagasan dalam bentuk gambar dan tulisan sebagai wujud tingkatan literasi yang tidak hanya cakap baca tulis namun sampai ke tingkat paham/tahu apa yang dibaca dan ditulis serta menghasilkan barang/jasa yang tujuan akhirnya adalah kesejahteraan. Dalam kegiatan lomba ini, output yang dihasilkan berupa poster digital. Peserta yang disasar yaitu masyarakat terbuka untuk umum dengan ketentuan umur minimal 17 tahun.

Adapun Materi tentang pengantar/pengenalan poster meliputi (pengertian, sejarah, karakteristik sebuah poster) dan tampilan visual oleh Made Gede Perama Artha (ilustrator bogbog).

Baca Juga :  Sambut Baik Gagasan Menko Marves, Bali Dukung Pelaksanaan Konser Artis Internasional di Indonesia

Sedangkan materi tentang teknis penulisan/cara mengekstraksi gagasan ke dalam kalimat poster serta penjelasan tentang isi poster sesuai dengan permintaan tema lomba dan fokus tulisan yang ditampilkan pada poster oleh Putu Suryadi (wartawan & penulis warta bali).

Dan materi tentang unsur-unsur dan teknis pembuatan poster (aspek kesatuan dan transformasi serta macam-macam jenis poster oleh Ngurah Adhi Santosa, (akademisi/dosen Institut Desain dan Bisnis Bali).

Dimana Penjurian awal (tahap 1) dilaksanakan tanggal 13 Maret 2023 di ruang studio Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar, dan memilih 10 nominasi karya poster yang sesuai dengan syarat dan ketentuan lomba. Penilaian karya memperoleh like terbanyak di instagram s/d tanggal 16 Maret 2023 pukul 12.00 WITA.

Baca Juga :  Dewan Provinsi Bali Sampaikan Raperda Inisiatif Tentang Insentif Investasi dan Pengarusutamaan Gender

Dan Tahap akhir (final) penilaian karya 10 nominasi dilaksanakan hari ini 17 Maret 2023 di ruang audio visual Gedung Dharma Negara Alaya dan nominator mempresentasikan  isi/deskripsi poster yang diunggah di depan para juri.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News