unud
Unud Gelar Kuliah Perdana Program Magister. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JIMBARAN  – Universitas Udayana (Unud) menyelenggarakan Kuliah Perdana Program Magister, Doktor, Profesi dan Dokter Spesialis bertempat di Gedung Auditorium Widya Sabha Kampus Jimbaran, Rabu (1/3/2023). Kuliah Perdana ini menghadirkan lima narasumber yakni Wakil Rektor Bidang Akademik, Ketua Senat Unud, Sekretaris USDI, Kepala UPT Perpustakaan dan Ketua Unit JUPI.

Direktur Pascasarjana Unud, Prof. Ir. Linawati, M.Eng.Sc., Ph.D., dalam laporannya menyampaikan total untuk semester genap ini ada sebanyak 355 mahasiswa baru yang tersebar di tujuh fakultas dan program pascasarjana.

“Detail jumlah mahasiswa baru berdasarkan jenjang pendidikan, untuk jenjang program studi doktor hanya satu orang yakni dari Program Studi Doktor Ilmu Peternakan, jenjang magister terdapat 66 mahasiswa, jenjang profesi ada 126 mahasiswa yang tersebar di Program Studi Profesi Insinyur, Apoteker dan Profesi Dokter Hewan,” terangnya.

Untuk jenjang dokter spesialis total 162 mahasiswa yang tersebar di 19 PPDS. Kuliah perdana ini akan dimulai dengan memperkenalkan pimpinan yang terkait, dilanjutkan dengan pembekalan materi yang penting bagi mahasiswa dan pembekalan ini akan disampaikan oleh lima narasumber yang relevan yang dimiliki oleh Universitas Udayana.

Baca Juga :  PPDB SMP Negeri Denpasar 2024: Daya Tampung Berkurang, Empat Jalur Pendaftaran Tetap Digunakan

Adapun materi yang disampaikan yaitu tentang sistem pendidikan di Unud, Kuliah Umum bagaimana melaksanakan perkuliahan di pascasarjana agar tepat waktu, sukses dengan IPK yang bagus dan pengalaman pembelajaran yang menyenangkan; layanan teknologi informasi dan sistem informasi yang perlu diketahui mahasiswa baru dimana semua layanan sudah berbasis IT, serta informasi jurnal dan publikasi. Kuliah perdana ini dilaksanakan secara hybrid untuk memfasilitasi kebutuhan dan keterbatasan dari mahasiswa baru terkait dengan tugas pekerjaan dan terdapat 46 yang ikut secara online, sementara 307 lainnya hadir langsung.

Sementara Rektor Unud Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng.,IPU dalam sambutannya menyampaikan ini merupakan prosesi akademik sebagai rangkaian pembelajaran akademik di Unud untuk semua strata yang dimulai pada 1 Maret 2023. Rektor mengucapkan selamat datang kepada semua mahasiswa baru yang telah tergabung di Pascasarjana maupun Fakultas yang tersebar di Unud dan terima kasih karena telah memilih Unud sebagai tempat melaksanakan pendidikan. Lebih lanjut Rektor menyampaikan Unud memiliki 13 Fakultas dan Pascasarjana dengan jumlah total Prodi sebanyak 120 Prodi dimana hampir 65 persen atau mendekati 70 persen akreditasinya unggul  dan sangat baik. Bagi yang unggul akan didorong mengikuti akreditasi internasional.

Baca Juga :  Disdikpora Badung Matangkan Teknis PPDB 2024/2025 melalui Sosialisasi kepada Kepsek SD dan SMP Negeri

“Untuk indikator keberhasilan Prodi adalah mahasiswa lulus tepat waktu sesuai dengan yang direncanakan. Tantangan kita bagaimana persentase mahasiswa lulus tepat waktu menjadi hal yang sangat penting bagi kita semua,” terang Rektor.

Manakala dalam perjalanan perkuliahan terdapat hal-hal yang menjadi kendala harus kita diskusikan untuk menyelesaikannya. Komitmen mahasiswa sangat dibutuhkan untuk mengamankan studi agar sesuai dengan harapan.

Melalui kesempatan tersebut Rektor juga menyampaikan terkait buku panduan akademik magister dan doktor di Universitas Udayana yang menjadi pedoman bagi mahasiswa, tenaga kependidikan dan dosen yang harus dicermati sebagai pedoman didalam menyelesaikan perkuliahan dan memanajemen di Prodi masing-masing.

Baca Juga :  Tingkatkan Kemahiran Berbahasa Indonesia ASN Pemprov Bali, Sekda Dewa Indra Buka Sosialisasi Pengutamaan Bahasa Negara

Buku panduan ini menaungi semua Program Pascasarjana baik di Pascasarjana maupun di Fakultas. Per 1 Maret 2023 semua perkuliahan dilaksanakan di Kampus Bukit untuk S0 dan S1, dan untuk melakukan itu banyak persiapan yang harus dilakukan dan dilakukan secara bertahap untuk masing-masing angkatan.

Sementara nantinya kampus yang ada di Denpasar diperuntukkan bagi mahasiswa S2 dan S3 serta Profesi dan Dokter Spesialis sehingga ruang menjadi lebih luas dan lebih nyaman. Unud saat ini sedang berproses menjadi PTNBH sehingga bisa bergerak lebih cepat dan lebih efisien untuk menjadi pusat pendidikan yang berkualitas dengan ekosistem pendidikan yang bermutu dan terintegrasi. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News