Giat Daur Ulang
PKK dan STT perwakilan 7 Banjar dari Desa Dauh Puri Kangin saat ikuti pelatihan pemanfaatan sampah non organik dijadikan tas belanja dan kerajinan tangan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dalam upaya meningkatkan pelestarian lingkungan dan penanggulangan sampah di wilayah Kelurahan Panjer, Lurah Panjer, I Putu Budi Ari Wibawa melakukan jemput “Sampah” dengan melakukan penukaran melalui Bank Sampah Alam Asri Kelurahan Panjer di Banjar Celuk, pada Rabu (8/3/2023).

Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Kelurahan Panjer bersama TPS 3R Paku Sari dalam mengimplementasikan Peraturan Wali Kota Denpasar No. 45 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Reuse, Reduce, dan Recycle melalui Bank Sampah. Kegiatan jemput “Sampah” melalui Bank Sampah Alam Asri ini diharapkan mampu membantu Pemerintah Kota Denpasar dalam mengatasi permasalahan sampah di tingkat desa/kelurahan khususnya dalam penanganan sampah anorganik.

Baca Juga :  Ratusan Pemudik Kunjungi AHASS Siaga Plus di Jembrana

Lurah Panjer, I Putu Budi Ari Wibawa menyampaikan, Kelurahan Panjer bekerja sama dengan Pengurus Bank Sampah Alam Asri dan TP PKK Kelurahan Panjer melaksanakan sosialisasi ke banjar dan kelompok masyarakat lainnya untuk melakukan pemilahan sampah di sumbernya.

“Kegiatan ini dilakukan saat arisan PKK Banjar Celuk setiap satu bulan sekali dengan mengumpulkan sampah anorganik hasil pemilahan sampah di rumah tangga. Setelah sampah terkumpul keesokaannya petugas Bank Sampah Alam Asri akan melakukan jemput bola ke lokasi,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Budi Ari juga menyampaikan, Kegiatan seperti ini juga sudah dilakukan oleh Kader PKK Lingkungan di wilayah lain seperti Br. Kaja, Br. Kertasari, Br. Sasih, dan Br. Kangin.

“Selain melakukan pengumpulan di saat arisan, kader juga melaksanakan pengumpulan sampah saat kegiatan posyandu, dengan cara memberikan edukasi kepada PKK. Kami berharap ini dapat diketoktularkan ke masyarakat lain di wilayahnya,” tambahnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News