Coklit
Bupati Nyoman Giri Prasta bersama Ny. Seniasih Giri Prasta menjalani proses pencocokan dan penelitian data pemilih di Rumah Jabatan Bupati, Puspem Badung, Kamis (9/3/2023). Sumber Foto : Istimewa

BALIPOTALNEWS.COM, BADUNG – Sukseskan tahapan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta didampingi Ny. Seniasih Giri Prasta menjalani proses pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih di Rumah Jabatan Bupati, Puspem Badung Mangupraja Mandala, Kamis (9/3/2023). Kegiatan coklit ini dilakukan oleh petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) disaksikan langsung oleh Kepala Dinas Dukcapil, AA. Ngurah Arimbawa, Jajaran Komisioner KPU Badung dan Sekretaris Kesbangpol Badung

Bupati Giri Prasta mengapresiasi jajaran KPU Badung bersama stakeholder terkait yang telah bekerja maksimal dalam menghasilkan data pemilih yang akurat untuk pemilu 2024. Mengingat pesta demokrasi tahun 2024 merupakan momentum untuk memilih Presiden dan Legislatif mulai tingkat DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota dan DPD. Kemudian beberapa bulan setelah itu dilakukan pemilihan Kepala Daerah.

Baca Juga :  Jaga Ketersediaan Pangan, Sekda Dewa Indra Minta Kabupaten/Kota Miliki Perumda Pangan

“Saya baru saja melakukan tahapan Coklit atau pencocokan data di Kartu Keluarga dengan data di Formulir A untuk Pemilihan Umum Tahun 2024. Saya terdaftar sebagai pemilih di TPS 1 Desa Pelaga,” ujarnya.

Pada kesempatan itu pihaknya juga mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Badung untuk turut serta mensukseskan semua tahapan Pemilu 2024, dimulai dari tahapan coklit dengan menerima dan memberikan data yang akurat kepada pantarlih, sehingga masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024 mendatang.

“Saya mengajak masyarakat Kabupaten Badung untuk turut serta mensukseskan semua tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024, sehingga pesta demokrasi ini bisa berjalan dengan lancar, damai, aman, jujur adil sesuai dengan harapan semua pihak,” ajak Bupati Giri Prasta.

Sementara itu Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Badung, Gusti Ketut Yusa Arsana mengatakan, bahwa saat ini tahapan pemilu 2024 berupa coklit yang dilaksanakan dari tanggal 12 Februari 2023 sampai dengan 14 Maret 2023. Dimana pada rentang waktu tersebut, Pantarlih akan mengunjungi warga secara door to door sesuai dengan wilayah tugasnya.

Baca Juga :  Dewan Buleleng Ingatkan Soal Optimalisasi Perda Saat Sidang Paripurna Bersama Eksekutif

“Jadi untuk Coklit, Pantarlih akan melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih apakah data dalam KK sesuai dengan Formulir A. Setelah melaksanakan Coklit nanti pemilih akan diberikan surat undangan memilih di TPS yang sudah ditentukan. Untuk itu kami menghimbau kepada semeton warga Badung agar berpartisipasi aktif menyukseskan pelaksanaan Coklit dengan menerima dan memberikan data yang akurat kepada pantarlih yang bertugas ke rumah-rumah,” harapnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News