PKBM Widya Sentana
Study Sharing PKBM Widya Sentana dengan Taman Pintar dan Taman Budaya Yogyakarta. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Widya Sentana menerima kunjungan pada Kamis (23/2/2023) lalu dari Taman Pintar dan Taman Budaya Yogyakarta.

Kunjungan diadakan dalam rangka study sharing tentang bagaimana cara PKBM Widya Sentana mengelola dan melestarikan Budaya Bali. Kunjungan dari Taman Pintar dan Taman Budaya dihadiri oleh 3 orang, yaitu Retno Yuliani, S.E., M.Ec.Dev., selaku Kepala UPT Pengelolaan Taman Budaya Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta, Subekhan, S.Pd., selaku Kepala Seksi Pelayanan dan Pengembangan, dan Winarno, S.T., selaku Analis Sumber Daya Iptek.

Kunjungan disambut oleh Ketua Yayasan, Dr. Luh Putu Arsih Karnadi, SE., Ak., M.Pd., M.AP., CA., dan Pengelola PKBM Widya Sentana, Putu Dina Yuniarini, SE., S.Psi., M.Pd.

Pengelola PKBM Widya Sentana, Putu Dina Yuniarini, SE., S.Psi., M.Pd., menjelaskan, PKBM Widya Sentana bergerak di bidang Pendidikan Non Formal. PKBM Widya Sentana memiliki Program Kesetaraan yang terdiri dari Kejar Paket A (Setara SD), Kejar Paket B (Setara SMP), dan Kejar Paket C (Setara SMA).

Baca Juga :  Bank Indonesia Bali Buka Penukaran Uang Rupiah di Daerah Wisata Pantai Kuta Kabupaten Badung Bersama Bendesa Adat

Di era 4.0 saat ini seperti yang kita ketahui tantangan terbesar adalah untuk menjaga dan melestarikan Budaya yang kita miliki. Terdapat beberapa kegiatan yang dilaksanakan di PKBM Widya Sentana yang bertujuan untuk melestarikan Kebudayaan Bali yaitu Belajar Menulis Lontar, Mejejahitan, Menjahit, Belajar Tari Bali, Belajar Tabuh/Megambel, dan Belajar Tata Rias.

Sementara itu, Retno Yuliani mengatakan, study sharing dilakukan untuk mendapatkan informasi terkait bagaimana manajemen pengelolaan yang dilakukan oleh PKBM Widya Sentana untuk melestarikan kebudayaan Bali sehingga rekan-rekan dari Taman Budaya dan Taman Pintar Yogyakarta bisa menerapkannya di UPT Taman Pintar Yogyayakarta.

Baca Juga :  Nyepi Berjalan Kondusif, Bandara I Gusti Ngurah Rai Kembali Beroperasi

“Dalam Study Sharing kali ini, kami mendapatkan hal baru. Di PKBM Widya Sentana saat mengajarkan Seni Tabuh menggunakan 2 tutor atau guru di kelas Seni Tabuh, dan hal  tersebutlah dapat kami coba terapkan dan contoh oleh UPT Taman Pintar Yogyakarta,” ucap Retno Yuliani.

PKBM Widya Sentana
Study Sharing PKBM Widya Sentana dengan Taman Pintar dan Taman Budaya Yogyakarta. Sumber Foto : Istimewa

Dari hasil kunjungan, Retno Yuliani mengungkapkan, pihaknya mendapatkan insight, untuk melestarikan aksara (sistem penulisan) lokal. Sebagai contoh, di PKBM Widya Sentana terdapat banyak lontar dalam Tulisan Aksara Bali, tulisan dalam Lontar tersebut diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia, Bahasa Bali Latin dan Kawi kemudian dibuatkan sebuah buku. Sehingga generasi selanjutnya bisa dengan mudah mempelajarinya. Hal tersebut juga dilakukan di PKBM Widya Sentana lakukan berkat kerja sama dengan Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung.(adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News