Desa Sangketan
Serap Aspirasi Masyarakat Serta Gali Potensi Desa, Bupati Sanjaya Metemu Wirasa dengan Masyarakat Desa Sangketan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Berbagai upaya untuk mewujudkan komitmen membangun Tabanan telah dilakukan Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE., MM., Setelah sukses dengan program Ngantor di Desa, kali ini Bupati Sanjaya memenuhi undangan masyarakat untuk bertatap muka secaara langsung (Temu Wirasa) dengan masyarakat/karma Desa Sangketan Penebel, Rabu (8/3/2023).

Bertempat di Wantilan Pura Luhur Tamba Waras, Sangketan, Penebel, acara yang dikemas dengan penuh kekeluargaan tersebut dihadiri pula Anggota DPR RI Kusuma Kelakan, Anggota DPRD Bali Made Supartha, Sekda, para Asisten, OPD terkait, Camat dan unsur Forkopimcam Penebel, Jero Mangku dan serati, Perbekel, Bendesa Adat serta masyarakat Desa Sangketan.

Dalam kesempatan temu wirasa ini, Bupati Sanjaya juga menyampaikan berbagai program yang dilaksanakan pemerintah dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana di Kabupaten Tabanan menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM) dengan berbagai skala prioritas, baik itu infrastruktur, kesehatan, pendidikan dan lainnya. Termasuk di Desa Sangketan, Bupati Sanjaya tidak pernah luput dan selalu mendukung pembangunan krama di Desa Sangketan.

“Kami selaku Pemerintah Kabupaten Tabanan membuka kesempatan yang seluas-luasnya bagi masyarakat untuk menyampaikan segala bentuk keluh kesah, kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan Kabupaten Tabanan,” ungkapnya.

Baca Juga :  Mantapkan Pembangunan ZI, Lapas Tabanan Terima Penguatan Irwil IV Itjen Kemenkumham

Bupati Sanjaya juga sangat meyakini, bahwa untuk mewujudkan visi misi Pemkab, salah satu kuncinya adalah selalu bersinergi dengan masyarakat. Untuk itu Sanjaya selalu berkomitmen mewujudkan pembangunan secara menyeluruh dengan mengedepankan aspirasi langsung dari masyarakat. Sehingga pembangunan tepat sasaran dan tepat guna serta mampu mensejahterakan masyarakat.

Menurutnya, hingga tahun 2023 ini Pemkab Tabanan telah melaksanakan serta menyelesaikan berbagai pembangunan di Desa Sangketan. Diantarannya, tahun ini rekonstruksi jalan Tegalinggah-Pura Muncak Sari dihotmix, telah dilakukan penyenderan jalan usaha tani Bon Desa, Senderan jalan Sangketan, Pembangunan tembok penyengker Banjar Anyar, Pengamanan badan jalan dan pembuatan drainase di Pesagi, Perbaikan infrastruktur di Pura Muncak Sari dan merencanakan pembangunan di Pura Luhur Tamba Waras, hingga kelompok dan PKK juga telah diberikan bantuan.

Lebih lanjut untuk kedepan, Bupati Sanjaya berharap, Desa Sangketan memiliki Master Plan Pembangunan. Dimana dengan keunggulan alam dengan potensinya yang banyak serta memiliki Pura Besar akan memungkinkan terwujudnya Obyek Wisata Spiritual. Bupati Sanjaya juga menghimbau agar masyarakat Sangketan selalu bersatu dan selalu kompak serta selalu bersinergi mewujudkan pembangunan bersama pemerintah. Niscaya pembangunan akan sukses apabila masyarakat dan pemerintah selalu bersatu.

“Alam di sekitar Pura luhur Tamba Waras dan Pura Luhur Muncak Sari ini sudah memberikan kita obat yang sehat. Nanti kedepan programkan obat-obatan apa yang rasanya berguna untuk kita. Semua jenis obat kita tanam di wewidangan ini, baik nanti Dinas Pertanian dan lainnya, tolong Pak Sekda juga nanti ramai-ramai nanem kembali dan juga bangun balai obat untuk meramu obat obatan disini, sehingga kedepannya bermanfaat luas untuk kesejahteraan masyarakat,” imbuh Sanjaya.

Senada dengan Bupati Sanjaya, Perbekel Desa Sangketan I Nyoman Sugiartha alias Mang Gita menyampaikan rasa syukur sekaligus terimakasihnya kepada Bapak Bupati dan jajaran karena selalu mendukung pembangunan di Desa Sangketan. Selain itu, Ia juga memohon terkait aspirasi masyarakat mengenai pembangunan di Desa Sangketan, baik di bidang Parahyangan, Palemahan dan Pawongan yang ada di 7 Banjar Dinas, yakni Banjar Dinas Sangketan, Puring, Bongli, Munduk Dawa, Anyar, Bun Desa dan Pekandelan, 6 Desa Adat dan 6 subak abian dan 3 subak basah.

Baca Juga :  Astra Motor Bali Gelar Kompetisi Regional Instruktur Safety Riding Advisor Community 2024

Mang Gita menyampaikan sesuai aspirasi masyarakat, banyak hal yang perlu dilakukan pembangunan terlebih peningkatan sarana dan prasarana serta infrastruktur di Pura Luhur Muncak Sari dan Pura Luhur Tamba Waras serta Pura Luhur Dalem Solo. Terkait pembangunan di setiap Banjar Dinas, pihaknya mengungkapkan telah mendapatkan berbagai program dari pemerintah. Ia juga berharap, program-program tersebut selalu berkelanjutan.

“Tiang berharap ke depan, masyarakat bersatu padu membangun Desa dengan konsep tegak lurus dan selaras dengan pembangunan di kabupaten, karena Desa merupakan ujung tombak pemerintah Kabupaten.  Salah satu yang ingin tiang bangun adalah sarana prasarana publik. Desa ini ingin memiliki balai desa yang representatif untuk melengkapi pelayanan-pelayanan kami dan keperluan-keperluan warga Desa Sangketan,” harap Mang Gita.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News