Unud
Program Bipas Unud Selenggarakan Workshop Pakaian Adat Bali dan Budaya Tawar Menawar bagi Mahasiswa Asingnya. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pada Program Spring 2023, Program BIPAS Unud kembali selenggarakan workshop pakaian adat Bali bagi mahasiswa BIPAS pada Kamis, 9 Maret 2023, bertempat di Auditorium Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana. Acara ini tidak hanya dihadiri oleh  58 orang mahasiswa BIPAS dari berbagai negara di Eropa namun juga oleh sekitar 20 orang mahasiswa lokal Fakultas Ilmu Budaya Unud.

Acara dibuka dengan sambutan dari koordinator program BIPAS Unud, Anak Agung Sagung Shanti Sari Dewi, S.S., M.Hum., M.App.Ling. Dalam sambutannya, ia memaparkan tujuan pelaksanaan workshop ini adalah untuk memperkenalkan busana adat Bali kepada para mahasiswa BIPAS terutama tentang keautentikan yang dimiliki dari jaman kerajaan Bali hingga  jaman modern saat ini. Disamping itu melalui workshop tersebut mahasiswa juga diperkenalkan dengan keunikan budaya tawar menawar di Bali yang tidak dapat ditemui di negara asal para mahasiswa.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Serahkan 1.444 SK PPPK Hasil Seleksi Tahun 2023, Kembali Usulkan 4.602 Formasi di Tahun 2024

“Disamping belajar dan mengenal lebih jauh tentang busana adat bali, para  mahasiswa juga diperkenalkan dengan budaya tawar menawar yang biasa dilakukan oleh masyarakat bali, khususnya ketika berbelanja  di pasar tradisional,”paparnya.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Putu Ayu Asty Senja Pratiwi. Ph.D sebagai narasumber, yang mencakup penjelasan dan pemutaran video tentang filosofi busana adat Bali, kaitan busana dengan budaya masyarakatnya, serta perkembangannya dari masa ke masa. Pemaparan materi dilanjutkan dengan pengetahuan tentang budaya tawar menawar di Bali disertai dengan pengenalan dan praktek penggunaan Bahasa Indonesia dengan konteks berbelanja di pasar tradisional.  Setelah itu, mahasiswa Bipas bersama dengan mahasiswa  lokal Unud kemudian terjun langsung membeli pakaian adat Bali di pasar tradisional Sanglah.

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Serahkan Kartu BPJS Ketenagakerjaan Kepada 349 Orang Nelayan

“Saya sangat setuju dengan kegiatan yang  melibatkan mahasiswa lokal, dimana pada kegiatan ini mereka tidak hanya diberi tugas untuk memandu dan menemani mahasiswa Bipas berbelanja di pasar sanglah, namun juga agar mereka memiliki kesempatan untuk saling bertukar pikiran dan menambah wawasan tentang negara masing-masing,” ungkap Senja.

Setelah menghabiskan waktu sekitar 1,5 jam di pasar Sanglah, mahasiswa kemudian kembali ke Auditorium Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, Fakultas Ilmu Budaya untuk melihat demonstrasi cara mengenakan pakaian adat Bali dan langsung mempraktikkannya.

Mahasiswa Bipas  saat diwawancarai mengungkapkan rasa suka cita mereka mengikuti program Bipas tersebut.

“Kami sangat menikmati acara workshop ini. Pemaparan materinya sangat bagus dan para mahasiwa Indonesia sangat ramah dan asik,” ungkap Viktor, salah satu mahasiswa dari Mexico.

Baca Juga :  Bank Mandiri Siapkan Rp1,15 Triliun untuk Kebutuhan Uang Tunai di Bali dan Nusa Tenggara Jelang Idul Fitri

“Ya, betul. Para pedagang di pasar juga sangat baik dan lucu, dan yang tak kalah penting adalah acara berjalan dengan rapi dan teratur namun sangat menyenangkan. Kami berharap Bipas akan lebih sering lagi mengadakan acara seperti ini,” tambah Solonge, mahasiswa Bipas dari Jerman.

Acara ditutup dengan ucapan terima kasih dari Koordinator program kepada seluruh mahasiswa dan panitia. Sagung Shanti berharap melalui program BIPAS, Indonesia akan semakin dikenal luas dan menjadi ajang bertukar ilmu bagi seluruh mahasiswa Universitas Udayana dan mahasiswa asing.

“Harapan kami program ini dapat menjadi ajang pertukaran ilmu antara mahasiswa asing dengan mahasiswa lokal yang nantinya akan memberi dampak positif pada wawasan mereka tentang dunia,” ungkapnya. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News