HUT Kota Singaraja
Pemkab Buleleng Gelar Malam Kebersamaan Rayakan HUT Ke-419 Kota Singaraja. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Puncak Perayaan HUT ke-419 Kota Singaraja pada tahun 2023 akan dilakukan dengan cara berbeda. Tahun ini, pada malam puncak perayaan HUT Kota Singaraja yang jatuh pada 30 Maret mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng akan mengadakan pesta untuk masyarakat. Sebanyak 40 (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dipersiapkan untuk memberikan makanan dan kudapan gratis untuk masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan oleh Penjabat (PJ) Bupati Buleleng, Ketut Lihadnyana saat melakukan jumpa pers, Senin (19/3/2023). Tatap muka dengan wartawan di Kabupaten Buleleng dilakukan terkait menjelaskan rencana perayaan HUT ke-419 Kota Singaraja Tahun 2023.

Lihadnyana memaparkan, jika perayaan pada tahun-tahun sebelumnya hanya ada resepsi bagi para pejabat. Tahun ini, malam hari setelah apel, seluruh masyarakat akan diajak untuk menikmati kebersamaan di Lapangan Bhuana Patra, Singaraja. Sebanyak 40 UMKM yang telah dikurasi, telah dipersiapkan untuk menyajikan makanan maupun kudapan khas Buleleng terbaiknya untuk seluruh Masyarakat Kabupaten Buleleng.

“Semua masyarakat sama, tidak membedakan pejabat atau tidak. Masyarakat silakan makan gratis semua,” tegasnya.

Baca Juga :  Pemkab Buleleng Segera Cairkan Dana Pengamanan Pemilukada Serentak 2024

Selain 40 UMKM tersebut, juga akan dilakukan penataan bagi UMKM lainnya. Baik UMKM kuliner dan yang bergerak di bidang sandang, papan, dan lainnya. Seluruh UMKM tersebut telah dipilih untuk diajak berbaur menyemarakkan malam puncak perayaan HUT ke-419 Kota Singaraja di Lapangan Bhuana Patra.

“Untuk menyajikan bahwa UMKM kita adalah sebuah potensi ekonomi menggerakkan Buleleng ke arah yang lebih maju,” papar Lihadnyana.

Pesta rakyat yang melibatkan UMKM ini, menurut Lihadnyana adalah pengejawantahan tema perayaan pada HUT ke-419 Kota Singaraja yakni “KUAT dan Bangkit Bersama”. “KUAT” merupakan sebuah akronim dari Kuat, Adaptif, Unggul, dan Tangguh. Utamanya pada poin kreatif ditunjukkan dengan banyaknya UMKM yang tumbuh pada masa pandemi. Ketika telah kreatif, maka Buleleng bisa menjadi Unggul. Dibuktikan setelah pandemi ekonomi Buleleng bisa menggeliat setelah pandemi

“Terlihat dari data BPS bahwa pengangguran berkurang, gini rasio kesenjangan antara kaya miskin sudah semakin menyempit. Ini berarti bahwa UMKM itu bergerak ke depan,” ucapnya.

Lebih lanjut, Lihadnyana menyatakan, bahwa kegiatan utama lainnya yang akan dilaksanakan pada perayaan HUT ke-419 Kota Singaraja ini adalah penyerahan bantuan. Pertama kalinya pada perayaan pada Tahun 2023 ini akan diberikan bantuan kepada pasukan pembersih yang berjumlah lebih dari 800 orang.

“Kita akan memberi apresiasi pada saudara2 kita yang sehari-hari membuat Singaraja bersih. Kita berikan sembako secara gratis sebagai bentuk perhatian kita. Justru pejabatnya tidak perlu dikasih, yang kecil yang kita kasih,” paparnya.(adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News