Nyaman Berkendara
Nyaman Berkendara di Jalan Tanjakan, Berikut Tips #Cari_Aman yang Wajib Diketahui. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Berkendara tidak hanya melalui jalan yang lurus, terkadang pengendara pernah saja melewati jalan tikungan, turunan dan tanjakan.

Berkendara di jalan tanjakan selalu mendapat perhatian yang lebih fokus karena tidak hanya dituntut meningkatkan kewaspadaan, namun juga keterampilan untuk mengontrol kendaraan. Bagi pengendara pemula, jalan tanjakan menjadi tantangan tersendiri untuk dapat mengendalikan kendaraan hingga aman melewatinya dan menghindari resiko terjadinya kecelakaan.

Berikut adalah tips #Cari_Aman untuk berkendara di jalan tanjakan yang wajih diketahui oleh pengendara baik itu pemula maupun pengendara yang sudah lama berkendara, yaitu :

1. Kendalikan kendaraan

Saat hendak berkendara menanjak usahakan focus mengendalikan kecepatan stabil dan ideal tidak terlalu lambat diawal dan tidak terlalu cepat

2. Aktifkan rem belakang

Jika kondisi motor berhenti ditengah tanjakan gunakan rem belakang lebih kuat saat motor diam agar motor tidak merosot

Baca Juga :  Gempita Promo Maret, Beli Motor Honda Bisa Hemat Uang Muka dan Angsuran

3. Jaga keseimbangan tubuh

Saat berkendara ditanjakan, putar gas perlahan bersamaan dengan melepas rem dan jangan lupa badan sedikit condong kedepan untuk menstabilkan tubuh.

Safety Riding Instructor Astra Motor Bali, Yosepth Klaudius menyebutkan berkendara dalam kondisi apapun membutuhkan konsentrasi dan teknik yang tepat.

“Setiap pengendara wajib memahami teknik berkendara agar mampu menghadapi medan jalan, hal ini diperlukan guna menjaga keselamatan pengendara dan sekitar serta dapat menerapkan etika #Cari_Aman dalam berkendara di jalan,” ungkap Yoyo.

Pastikan selalu waspada, konsentrasi penuh saat berkendara dan gunakan atribut keselamatan berkendara diantaranya jaket, helm, sarung tangan, dan sepatu sesuai dengan prosedur safety riding.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News