Danau Batur
Kembangkan Danau Batur, Sedana Arta Temui Luhut Binsar Panjaitan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Dalam upaya mengembangkan Kintamani, Danau Batur dan wilayah sekitarnya, Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, Selasa (7/3/2023) melakukan audensi dengan Menko Marves, Luhut Binsar Panjaitan.

Saat menemui Menko Marves, Bupati Sedana Arta menyampaikan usulan program pengembangan Kintamani, Danau Batur dan sekitarnya. Sementara disisi lain, di tahun 2024 Danau Batur direncanakan sebagai salah satu lokus pelaksanaan Word Water Forum (WWF)

Pada kesempatan itu, Bupati didampingi Kepala Bappeda Kab.Bangli, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangli. Rombongan diterima langsung oleh Menko Marves, Luhut Binsar Panjaitan di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman.

Dihadapan Menko Marves, Bupati Sang Nyoman Sedana Arta menyampaikan beberapa usulan pengembangan Kintamani, Batur dan sekitarnya diantaranya  mengenai pembangunan Museum Air dan sarana/prasarana dan pendukungnya, pengerukan sendimentasi dan penataan KJA model Floating, penataan sempadan Danau  Batur, penataan Desa Bali Kuno Trunyan, pelebaran ruas jalan penelokan menuju Danau Batur, pembangunan the president tower, pembangunan pabrik pengolahan pupuk Organik, pembangunan TPST3R dan Ipal skala kawasan, pembangunan Instalasi pengolahan  air minum.

Baca Juga :  Wabup Wayan Diar Lepas Jemaah Haji Kabupaten Bangli

Disampaikan pula, Danau batur dan sekitarnya termasuk kawasan yang menyandang banyak status, diantaranya Geopark, KSPN, Warisan Budaya Dunia (WBD), termasuk salah satu dari 15 Danau peioritas nasional sehingga perlu mendapatkan perhatian khusus baik dari Pemerintah Pusat dan Provinsi.

“Kita berharap pemerintah pusat membantu dalam pengembangan Kintamani, Danau Batur dan wilayah sekitarnya,” harap Sedana Arta.

Pada kesempatan itu, Bupati Sang Nyoman Sedana Arta langsung meyampaikan undangan terhadap Menko Marves untuk bisa hadir dalam kegiatan penuangan eco enzyme sebagai aksi nyata kegiatan pelestarian lingkungan khusunya dalam rangka meningkatkan kualitas Danau Batur. Yang mana, kegiatan ini dilaksanakan pada perayaan HUT Kota Bangli 10 Mei mendatang.

Menko Marves, Luhut Binsar Panjaitan saat menerima Bupati Sedana Sedana Arta mengatakan semua usulan yang dibawa Bupati Bangli terkait pengembangan Kintamani, Danau Batur dan sekitarnya akan dibahas dengan Kementrian teknis terkait. Dia juga menyampaikan keinginannya untuk hadir dalam penuangan puluhan ton eco enzyme.

“Mudah mudahan kami bisa berkunjung langsung ke Danau Batur untuk bisa melihat Kondisi dan permasalahan di danau tersebut,” ucapnya.(an/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News