BPK RI
Jajaran Pemkab Tabanan Entry Meeting dengan BPK RI Perwakilan Bali. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Bupati Tabanan diwakili Sekda I Gede Susila, menerima Plt. Kepala BPK RI Perwakilan Bali, I Gusti Ngurah Satria Perwira beserta Tim Pemeriksaan terinci terkait kegiatan entry meeting atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Tabanan Tahun Anggaran 2022, Kamis (16/3/2023) bertempat di ruang rapat lantai III kantor Bupati setempat. Pemeriksaan terinci ini dilaksanakan dari tanggal 13 Maret sampai dengan 17 April 2023 mendatang.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, pada Jumat (10/3/2023), dalam acara Penyerahan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Unaudited Tahun Anggaran 2022 oleh Pemerintah Daerah se-Provinsi Bali yang berlangsung di aula rapat kantor BPK Bali, terungkap Pemkab Tabanan mendapat apresiasi dari BPK karena berhasil 100% menuntaskan rekomendasi pelaksanaan tindaklanjut dari BPK RI terkait laporan keuangan. Pemkab Tabanan tidak ada tunggakan penyelesaian tindaklanjut atas temuan hasil pemeriksaan BPK.

Baca Juga :  Jelang World Water Forum 2024, Menparekraf Tinjau Desa Jatiluwih Tabanan Bali

Dalam pemeriksaan kali ini, Bupati Tabanan yang diwakili Sekda mengajak seluruh jajaran Kepala OPD dan unsur terkait di Pemkab Tabanan untuk bekerjasama memudahkan proses pemeriksaan oleh Tim BPK. Yang mana Tim Pemeriksaan Terinci BPK saat itu dipimpin langsung Plt. Kepala BPK RI Perwakilan Bali. Pihaknya sangat mengapresiasi komitmen jajaran Pemkab Tabanan dalam upaya melaksanakan optimalisasi pada pengelolaan keuangan daerah.

Atas nama Pemkab Tabanan, pada kesempatan itu Sekda I Gede Susila menyampaikan selamat datang kepada Plt. Kepala BPK RI Perwakilan Bali beserta Tim.

“Saya atas nama Pemkab Tabanan mengucapkan selamat datang di Kabupaten Tabanan kepada Bapak Plt. Kepala BPK RI Perwakilan Bali beserta Tim. Mohon diberikan bimbingan dan masukan kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Tabanan, khususnya tentang tata kelola keuangan,” ucapnya.

Seperti diketahui, bahwa LKPD merupakan suatu bentuk pertanggungjawaban dari Pemda yang menyajikan informasi tentang posisi keuangan, realisasi anggaran, arus kas dan kinerja keuangan Pemda. Oleh karena itu, Pemkab Tabanan menyambut baik atas terlaksananya entry meeting ini. Dimana pemeriksaan terinci ini merupakan lanjutan atas pemeriksaan pendahuluan yang telah dilaksanakan dari tanggal 30 Januari sampai dengan 28 Februari 2023 lalu.

Baca Juga :  Komunitas Sehat Holistik GMA Sakti Gelar Donor Darah 

Di kesempatan itu, Sekda I Gede Susila kembali menginstruksikan kepada seluruh jajaran untuk menyiapkan dan memberikan data maupun informasi yang dibutuhkan oleh Tim pemeriksa, sehingga pemeriksaan bisa berjalan dengan baik dan lancar.

“Sekali lagi atas nama Pemkab Tabanan, saya mengucapkan terima kasih serta apresiasi yang setingggi-tingginya kepada semua pihak atas dukungan pelaksanaan pemeriksaan terinci ini,” imbuh Susila.

Sementara, selaku Plt. Kepala BPK RI Perwakilan Bali, I Gusti Ngurah Satria Perwira, menegaskan, pemeriksaan dilaksanakan selama 30 hari dari 13 Maret sampai 17 April 2023 yang dilaksanakan secara standar pemeriksaan keuangan negara. Pihaknya berharap adanya kerjasama yang baik dengan jajaran Pemkab Tabanan agar menyampaikan data dan informasi yang akurat dan sewajar-wajarnya.

Baca Juga :  Prestasi dan Program Kerja Membawa Kemajuan dan Kesejahteraan, Masyarakat Muslim Tabanan Dukung Sanjaya Sebagai Bupati Tabanan Dua Periode

Satria Perwira juga sangat mengapresiasi kerjasama yang telah ditunjukkan oleh seluruh jajaran Pemkab Tabanan yang senantiasa selalu sigap terkait data dan informasi yang diperlukan. Disampaikan juga, bahwa dalam penyusunan LKPD agar keseragaman format dapat terwujud, baik dengan apa yang disajikan dan dilaporkan di laporan keuangan, sehingga tata kelola keuangan lebih optimal, transparan, akuntabel serta bisa dipertanggungjawabkan.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News