unud
Universitas Udayana Selenggarakan Sosialisasi dan Pembekalan MBKM Bina Desa. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Universitas Udayana (Unud) melalui Biro Kemahasiswaan menyelenggarakan Sosialisasi dan Pembekalan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Bina Desa bertempat di Ruang Nusantara Gedung Agrokompleks Kampus Sudirman Denpasar, Jumat (24/3/2023).

Sosialisasi ini dilaksanakan sehubungan dengan hasil seleksi proposal Bina Desa Tahun 2023, dimana telah diumumkan yang lolos pendanaan. Kegiatan dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan menghadirkan tiga narasumber. Sebanyak 8 judul proposal Bina Desa ditetapkan didanai Program MBKM Unud 2023.

Wakil Rektor Prof. Ngakan Putu Gede Suardana dalam sambutannya menyampaikan sosialisasi ini dilaksanakan, dimana sebelumnya ada 10 lebih tim yang mengusulkan proposal Bina Desa tetapi hanya lolos 8 tim. MBKM Bina Desa ini penting karena target MBKM beserta mahasiswa berprestasi ditahun 2023 adalah 20 persen dari total mahasiswa S1 dan Diploma.

Dimana sekitar 4800 sampai 5000 mahasiswa harus ber-MBKM dan berprestasi.  Kita mengupayakan supaya target ini tercapai dimana kuota flagship dari Kementerian terbatas dan bersaing secara nasional, sehingga untuk mengantisipasinya kita lakukan MBKM mandiri salah satunya MBKM Bina Desa ini.

Baca Juga :  Ajak Umat Jaga Kebersihan, Bank Sampah Tegeh Sari Lestari Ngayah Mereresik di Karya Bhatara Turun Kabeh Besakih

Disamping itu juga ada KKN Tematik yang sudah dilaksanakan, kemudian juga ada MBKM riset dan yang lainnya. Kita akan tambahkan MBKM yang seperti ini tentunya dengan pendanaan mandiri. Saat ini juga sedang diajukan yang terkait dengan PPK Ormawa dan tahun ini kuota kita ada 16 kelompok, mudah-mudahan semua terpenuhi.

“Kami tentu berterima kasih sekali kepada adik-adik yang sudah mau untuk ikut MBKM Bina Desa ini di semester ini, kita berharap banyak kepada adik-adik untuk bisa bersama-sama, mari kita bersama-sama meningkatkan kinerja kita, perguruan tinggi kita,” ucapnya.

Baca Juga :  Sekda Alit Wiradana Hadiri Lomba Gelora Pekan Budaya Pelajar SD, Upaya Menjaring Bibit Penerus Pelestari Budaya Bali

Semua target MBKM maupun prestasi itu adalah mahasiswa. Apa yang dilakukan saat ini berdampak banyak sekali, selain bagi mahasiswa juga dapat mengimplementasikan ilmu di desa serta mendapatkan ilmu bagaimana kehidupan di desa. MBKM Bina Desa ini akan diakui 20 SKS, untuk itu pembina diminta mengawal sehingga direcognisi menjadi 20 SKS agar dapat diakui.

MBKM Bina Desa merupakan BKP membangun desa yang diselenggarakan oleh BKM Unud direkognisi SKS dalam rangka implementasi MBKM di Universitas Udayana. MBKM Bina Desa Inovasi dan Wirausaha bertujuan untuk memberikan pembelajaran kepada mahasiswa mengenai bagaimana membentuk ekosistem inovasi dan bisnis perdesaan berbasis produk unggulan desa.

Baca Juga :  Gandeng Berbagai Elemen Masyarakat, Kelurahan Sumerta Gelar Pemantaun Jaga Kamtibmas Menjelang Idul Fitri

Adapun narasumber dalam sosialisasi dan pembekalan yakni Dr. Ir. I Ketut Sardiana, M.Si., dengan materi terkait pengenalan program dan penyusunan proposal Bina Desa, Duman Care Khrisne, ST., MT., dengan materi terkait teknis informasi perencanaan Rencana Studi Mahasiswa MBKM, unggah laporan akhir dan luaran program, dan Ni Made Ari Kusuma Dewi, S.Pt., M.Sc., dengan materi terkait penjaminan mutu, monitoring, evaluasi administrasi dan kegiatan MBKM Bina Desa serta selaku moderator Dr. Ni Ketut Arismayanti, SST.Par., M.Par. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News