Antisipasi Demam Berdarah
Antisipasi Demam Berdarah, Banjar Karang Suwung Lakukan PSN dan Larvasida. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dalam upaya menurunkan terjadinya angka kasus demam berdarah, tim pelaksana fogging dari Dinas Kesehatan Kota melakukan kegiatan PSN dan Larvasida di Banjar Karang Suwung, Kamis (2/3/2023).

Kepala Puskesmas IV Denpasar Selatan, Dokter Made Saraswati Rahayu mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan untuk memberantas sarang nyamuk dan memutus mata rantai perkembangan nyamuk.

Kegiatan ini melibatkan jajaran kesehatan seperti dari Puskesmas, jumantik dan koordinator jumantik yang selalu bekerja sama dengan petugas Dinas Kesehatan Kota Denpasar, pelaksana program demam berdarah dan aparat banjar maupun kelurahan.

“Kegiatan lainnya yang dapat kami laksanakan setiap hari adalah membagi tugas para jumantik untuk melakukan PSN di masing masing banjar dan sekali waktu PSN akan di pusatkan di banjar tertentu,” tambahnya.

Baca Juga :  Penentu Kelulusan, 68 Siswa SMK Negeri 3 Singaraja Ikuti UKK Bersama Astra Motor Bali

Selain itu, kata Saraswati pihaknya dalam menghadapi meningkatnya kasus DBD dengan lebih meningkatkan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat mengenai DBD serta 3M+ serta mengimbau masyarakat untuk selalu melaksanakan kegiatan 3M+.

“Kami mengimbau masing-masing lingkungan untuk selalu gotong-royong melakukan kebersihan lingkungan karena daerah yang terdeteksi jentik nyamuk khusus di Kelurahan Pedungan hampir merata di setiap Banjar, terutama di musim hujan ini,” katanya.

Menghadapi tingkat kasus penyakit demam berdarah, puskesmas dan dinas kesehatan mengoptimalkan peran dari juru pemantau jentik atau jumantik agar lebih waspada untuk memantau tempat-tempat penampungan air yang berpotensi menjadi sarang nyamuk dan melakukan pembubuhan larvasida pada tempat-tempat penampungan air tersebut.

“Tindakan siaga yang dapat dilakukan dengan melakukan abatisasi langsung guna pembunuh jentik nyamuk,” tutupnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News