safari kesehatan
Tingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat, Pemkot Denpasar Gelar Safari Kesehatan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Kesehatan menggelar Safari Kesehatan yang menyasar warga masyarakat, dalam rangkaian menyambut HUT ke-235 Kota Denpasar. Berpusat di Banjar Gelogor Carik, Pemogan, kegiatan pada Jumat (3/2/2023) ini diharapkan akan mampu meningkatkan derajat kesehatan warga masyarakat. Dinkes Kota Denpasar, turut pula menggandeng The John Fawcett Foundation (JFF), Yayasan Peduli Kemanusian (YPK) Bali, serta Puskesmas III Denpasar Selatan.

Digelar sejak pagi hari, Safari Kesehatan ini tampak dipenuhi oleh warga masyarakat yang antusias ingin memanfaatkan pelayanan kesehatan yang diberikan. Adapun pelayanan kesehatan yang disediakan meliputi screening kesehatan, pengecekan penyakit tidak menular seperti pemeriksaan gula darah dan tensi serta pemberian Vitamin A untuk anak-anak.

Oleh pihak penyelenggara disediakan pula layanan pemeriksaan mata, pembagian kaca mata hingga operasi katarak yang melibatkan The John Fawcett Foundation (JFF), organisasi kemanusiaan yang selama ini kerap membantu masyarakat di bidang pengobatan dan pemulihan penglihatan. Selain itu, terdapat pula layanan Fisioterapi yang dikoordinir oleh pihak YPK.

Kegiatan ini juga dihadiri Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara didampingi Ketua GOW Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa. Ketua DWP Kota Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana dan juga Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar, dr. Anak Agung Ayu Agung Candrawati, M.Kes.

Baca Juga :  Pasraman Satyam Eva Jayate Siap Gelar Rumah Kakek Festival 2024, Pupuk Rasa Cinta Tanah Air dan Perkuat Solidaritas di Kota Denpasar

Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny. Antari Jaya Negara di tengah berlangsungnya pemeriksaan kesehatan bagi warga mengatakan, apresiasi terhadap langkah yang diambil oleh Pemkot Denpasar melalui Dinas Kesehatan ini sebagai upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Dengan berkeliling ke desa/kelurahan seperti ini dan dengan fasilitas layanan kesehatan yang lengkap, saya berharap kegiatan ini bisa menjadi sarana bagi masyarakat mendapatkan edukasi untuk menjaga pola hidup sehat bagi masyarakat,” ungkapnya.

Kadis Kesehatan Kota Denpasar, dr. Candrawati menyebut, pelaksanaan Safari Kesehatan ini diharapkan mampu memberikan layanan kesehatan bagi warga masyarakat secara optimal karena dilangsungkan dengan metode jemput bola dan berkeliling ke wilayah Puskesmas yang ada di Kota Denpasar.

“Hari ini kami mengawali kegiatan Safari Kesehatan ini di Banjar Glogor Carik yang masuk dalam wilayah Puskesmas III Densel. Pada tahun 2023 ini, kami rencananya akan menggelar 11 kali Safari Kesehatan, dalam rangka HUT Kota Denpasar, dan 11 kali lagi dalam rangka HKN. Dengan bersafari seperti ini, kami berupaya mendekatkan layanan kesehatan kepada masyarakat,” jelasnya.

Candrawati menambahkan, pelaksanaan Safari Kesehatan ini juga dilaksanakan pemberian vaksinasi booster ke-2 Covid-19 untuk masyarakat umum, yang saat ini tengah digencarkan oleh Pemkot Denpasar.

Baca Juga :  Lepas Tukik dan Melempar Alat Pancing Pertama, Wali Kota Jaya Negara Buka "Biaung Beach Fishing Tournament"

“Selain vaksin dan layanan kesehatan, warga masyarakat yang datang ke lokasi Safari Kesehatan ini juga bisa mendapatkan, pemeriksaan IVA sekaligus diberikan penyuluhan tentang Kanker serviks, layanan Fisioterapi oleh pihak YPK. Besar harapan kami, Safari Kesehatan ini bisa memberikan manfaat bagi warga masyarakat,” harap dr. Candrawati.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News