Pengabdian Masyarakat
Sosialisasi Literasi Digital di SMK PGRI 5 Denpasar. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Literasi Digital merupakan salah satu kegiatan aktif yang kerap dilaksanakan guna membantu meningkatkan jumlah tercapainya masyarakat terliterasi digital di seluruh Indonesia. Mengingat bahwa masa depan berada di tangan generasi muda sehingga diperlukan pembekalan guna menyiapkan para agen perubahan dalam menghadapi tantangan serta permasalahan yang ada.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk menciptakan generasi muda yang memiliki daya saing kompetitif baik secara nasional maupun internasional.

Kali ini Literasi Digital dilaksanakan pada Jumat (3/2/2023) oleh Program Studi Sistem Informasi STMIK Primakara dengan Tim Pengusul yaitu I Gede Putu Krisna Juliharta, S.T., M.T., I Komang Suartama dan Romiza Zildjian.

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk Sosialisasi dilaksanakan di SMK PGRI 5 Denpasar ini, dilaksanakan secara Hybrid dengan pelaksanaan luring (luar jaringan) atau offline di SMK PGRI 5 Denpasar yang berlokasi di Jalan Kenyeri No. 31, Sumerta Kaja, Kecamatan Denpasar Timur, Kota Denpasar. Sedangkan pelaksanaan secara daring (dalam jaringan) atau online melalui Zoom Meeting. Sosialisasi diberikan dalam satu kali pertemuan dengan target sasaran siswa-siswi SMK PGRI 5 Denpasar.

Baca Juga :  Dari Studi Komparasi Pokja Bunda PAUD Kota Denpasar ke Pemkot Malang, Gali Ilmu dan Strategi Untuk Capai PAUD HI Berkualitas

Materi yang dipaparkan mengenai tiga pilar literasi digital yaitu Digital Safety, Digital Ethics, dan Digital Skills. Selama kegiatan berlangsung, para peserta menunjukkan tanggapan yang positif. Mereka tampak gembira karena narasumber memaparkan materi dengan cara yang interaktif salah satu contohnya seperti mempraktikkan langsung bagaimana menjaga privasi data agar terhindar dari pembajakan. Siswa-siswi antusias menyimak pemaparan materi dari ketiga narasumber dan turut aktif terlibat dalam sesi tanya jawab.

Pengabdian Masyarakat
Sosialisasi Literasi Digital di SMK PGRI 5 Denpasar. Sumber Foto : Istimewa

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman terkait literasi digital di kalangan generasi muda sehingga para siswa-siswi menjadi lebih waspada terhadap jejak digital dalam bermedia sosial, bagaimana mengelola informasi secara kritis agar terhindar dari berita palsu, dan lebih sopan ketika berinteraksi melalui dunia maya. (I Gede Putu Krisna Juliharta, S.T., M.T., I Komang Suartama dan Romiza Zildjian)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News