Safari Kesehatan
Pelaksanaan Safari Kesehatan Donor Darah dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis serangkaian HUT ke-235 Kota Denpasar di Kantor Camat Denpasar Utara, Jumat (24/2/2023). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pemerintah Kecamatan Denpasar Utara menggelar Safari Kesehatan Donor Darah dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Kantor Camat Denpasar Utara, Jumat (24/2/2023). Kegiatan yang dilaksanakan serangkaian menyambut HUT ke-235 Kota Denpasar ini berhasil mengumpulkan 44 Kantong Darah dan memberikan pelayanan kesehatan bagi 20 Lansia Dusun Mekar Sari, Desa Dauh Puri Kaja.

Camat Denpasar Utara, I Wayan Yusswara, S.STP., M.Si mengatakan, donor darah memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Pertama dapat mendeteksi penyakit-penyakit serius dalam pemeriksaan darah. Kedua, menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah karena secara rutin melakukan donor darah dapat menurunkan kekentalan darah dalam tubuh. Dan ketiga, donor darah juga dapat menurunkan berat badan karena tiap 450ml darah yang kita donorkan setara dengan 650 kalori.

Baca Juga :  Bank Mandiri Siapkan Rp1,15 Triliun untuk Kebutuhan Uang Tunai di Bali dan Nusa Tenggara Jelang Idul Fitri

Lebih lanjut dijelaskan, kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka HUT ke-235 Kota Denpasar yang dilakukan secara sederhana dengan prinsip kemanfaatan.

“Selain bermanfaat bagi pendonor bermanfaat juga bagi orang yang mendapatkan donor. Semoga ke depan kami dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan positif dan bermanfaat lainnya,” ujarnya.

Yusswara menambahkan, kegiatan ini diikuti oleh seluruh pegawai Kecamatan Denpasar Utara dan partisipasi 11 Desa/Kelurahan yang ada di wilayah Denpasar Utara. Sehingga pelaksanaannya mengedepankan prinsip gotong-royong dengan spirit Vasudhaiva Kutumbhakam menuju Denpasar Maju.

Dari kegiatan ini, sebanyak 44 kantong darah dari berbagai jenis golongan darah berhasil dikumpulkan. Selain donor darah, dilaksanakan juga pemeriksaan kesehatan kepada para 20 orang lansia Dusun Mekar Sari, Desa Dauh Puri Kaja sebagai bentuk perhatian pada masyarakat sekitar kantor.

Baca Juga :  Kelurahan Peguyangan Sinergikan Posyandu dan Giat Kelola Sampah Anorganik

“Giat ini merupakan inisiasi dari Kecamatan Denpasar Utara bekerja sama dengan PMI Kota Denpasar dan RS Bhakti Rahayu dalam rangka membantu sesama serta menjaga kesehatan bersama, semoga kegiatan ini bisa rutin dilaksanakan,” ujarnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News