Putri Koster
Putri Koster Kembali Jadi Narasumber Dalam Dialog Interaktif BAHTERA TVRI Bali. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Koster kembali menjadi narasumber dalam dialog interaktif BAHTERA, Bahagia dan Sejahtera TVRI Bali tentang 44 Tonggak Peradaban Penanda Bali Era Baru dengan mengusung tema ‘Pelayanan Kesehatan Tradisional Bali’ pada Rabu (8/2/2023).

Dalam kesempatan tersebut wanita yang akrab disapa Bunda Putri ini tidak sendiri namun didampingi dua orang ahli di bidangnya yaitu Prof. Dr. drh. I Made Damriyasa, M.S selaku Koordinator kelompok ahli bidang pembangunan Pemerintah Provinsi Bali dan Prof. Dr. rer. Nat I Made Agus Gelgel Wirasuta, M.Si. Apt., selaku kelompok ahli bidang pendidikan, kesehatan, jaminan sosial dan tenaga kerja.

Baca Juga :  Sekda Alit Wiradana Hadiri Karya Melaspas dan Mendem Pedagingan Pura Kahyangan Setra Dukuh Sakti Tek-Tek Peguyangan

PKK sebagai mitra Pemerintah Provinsi Bali turut berpartisipasi aktif dalam mewujudkan visi pembangunan pemerintah Provinsi Bali dengan terus turut melakukan sosialisasi terhadap kebijakan, peraturan dan hasil kerja Pemerintah Provinsi Bali. Dengan demikian, masyarakat diharapkan dapat turut berpartisipasi aktif melalui perannya masing-masing untuk turut membantu pemerintah mewujudkan Visi Pemerintah Provinsi Bali, Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui pola pembangunan semesta berencana melalui Bali Era Baru.

Gubernur Bali, Wayan Koster dalam tahun kelima kepemimpinannya telah menghasilkan 44 tonggak penanda Bali Era Baru yang merupakan hasil kerja nyata Gubernur Bali yang bersinergi dengan berbagai pihak, tidak hanya pemerintah namun juga berkat dukungan masyarakat.

Baca Juga :  Mooij Hadirkan Ciri Khas Warna-Warni Pada Tas Kulit

“Terdapat tiga aspek utama dari 44 tonggak Penanda Bali Era Baru yaitu Manusia, Alam dan Budaya,” ungkap Prof. Damriyasa menjelaskan bagaimana hasil nyata Gubernur beserta jajarannya menata Bali baik secara fundamental dan komprehensif berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal Sat Kerthi.

Untuk itu, diperlukan kesabaran seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama membangun kembali Taksu Bali.

“Hal-hal lama yang mungkin hilang atau berubah tergerus baik oleh kemajuan zaman maupun regulasi yang kurang mendukung kita tata kembali, bangkitkan dan perkuat peradabannya,” imbuh Prof. Damriyasa.

Di sisi lain Prof. Gelgel Wirasuta menyampaikan, bahwa Pelayanan Kesehatan Tradisional Bali harus diangkat karena merupakan potensi besar untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Bali.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Audensi dengan Dirjen Migas, Sikapi Kelangkaan Suplai LPG 3 Kg

“Kita ini sebenarnya sangat beruntung karena kita diwarisi oleh leluhur mengenai usada-usada tradisional Bali,” ungkap Prof. Gelgel.

Ia menyampaikan, bahwa Bali sebenarnya memiliki potensi yang sangat besar dalam Bidang Pelayanan Kesehatan Tradisional karena selain telah diwarisi pengetahuan Usada dalam lontar-lontar, namun juga telah didukung dengan tenaga-tenaga Pengusada profesional terdidik dari Universitas Hindu Indonesia (UNHI) dan UHN I Gusti Bagus Sugriwa. Disamping itu juga telah terdapat ikatan Gotra Pangusada yang merupakan ikatan Pengusada/Pengobat Tradisional Bali yang telah diakui secara nasional.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News