Unud
Universitas Udayana dan Nanchang University Perpanjang MoU. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, RRT – Nanchang University yang berlokasi di Provinsi Jianxi, Republik Rakyat Tiongkok (RRT) mengundang Universitas Udayana untuk secara langsung datang ke Nanchang University dalam rangka memperkuat dan mendiskusikan rencana  pengembangan kerjasama antara Universitas Udayana dan Nanchang University kedepannya.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) juga merupakan salah satu agenda Delegasi Universitas Udayana di Nanchang University. Pembaharuan MoU hari ini memperkuat kemitraan strategis antara kedua belah pihak.

Turut hadir dalam pertemuan, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Informasi, Dekan Fakultas Pariwisata, Koordinator Kantor Urusan Internasional, beserta jajaran delegasi Universitas Udayana lainnya. Sedangkan hadir dari pihak tuan rumah, President dan Wakil Presiden beserta jajaran pimpinan Nanchang University lainnya.

Rektor Universitas Udayana, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng., IPU., dalam sambutannya melalui tayangan video menyampaikan rasa terimakasih atas kepercayaan, dukungan, dan kerjasama Nanchang University dan Universitas Udayana yang sudah terjalin selama ini.

Baca Juga :  Sound System SD Negeri 5 Sibetan Raib Digondol Maling

Dalam kesempatan tersebut Rektor Prof. Antara juga menginformasikan tentang sejarah dan pencapaian Universitas Udayana serta arah pengembangannya kedepan.

Beliau menambahkan kerjasama ini merupakan salah satu bagian dari upaya internasionalisasi Universitas Udayana menuju Word Class University, dimana kehadiran Tourism Confucius Institute (TCI) sebagai bentuk implementasi kerjasama ini memberikan impact yang cukup besar bagi civitas akademika kedua universitas dan juga masyarakat Bali.

Sedangkan President Nanchang University, Prof. Ye-Guang Chen beserta jajarannya menyambut baik kedatangan Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Informasi beserta delegasi lainnya.

Beliau pun mengenalkan Nanchang University secara singkat. Nanchang University berasal dari Jiangxi Public Medical College, yang didirikan pada tahun 1921. Dibangun bersama oleh Kementerian Pendidikan Tiongkok dan Provinsi Jiangxi, Nanchang University merupakan “Proyek Pembangunan Universitas High Level Secara Keseluruhan” di Provinsi Jiangxi.

Tourism Confucius Institute (TCI) di Universitas Udayana merupakan Institut Confucius keempat yang didirikan NCU di luar negeri.  Sebagai satu-satunya Institut Konfusius yang ditampilkan dalam bidang pariwisata di Indonesia, TCI menjadi basis penting bagi pendidikan bahasa Mandarin dan pertukaran budaya di Bali.

TCI Universitas Udayana menyediakan pelatihan bahasa Mandarin profesional dan pendidikan kerja untuk industri pariwisata di Bali. Terutama selama KTT G20 Bali 2022, para guru dan siswa TCI berpartisipasi dalam banyak kegiatan penting dari KTT tersebut, dan mendapat perhatian luas dan liputan berita baik dari media arus utama dalam negeri maupun luar negeri.

Baca Juga :  SMP Sapta Andika Denpasar Buka Pendaftaran Peserta Didik Baru dengan Semangat Inovasi Digital

Dalam beberapa tahun terakhir, kedua universitas membentuk persahabatan yang mendalam dan mencapai hasil yang bermanfaat, melalui sejumlah kerjasama substantif, seperti program pertukaran mahasiswa dan program pertukaran akademik.

“Kami telah memberikan kontribusi besar pada pertukaran pendidikan dan budaya antara Tiongkok dan Indonesia,” ujarnya.

Dengan perpanjangan kerjasama, Universitas Udayana dan Nanchang University siap memulai babak baru kerjasama strategis yang mendalam dan komprehensif, menginovasi model pelatihan bakat dan mempromosikan reformasi dan pengembangan pendidikan tinggi. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News