TPS Lumintang
Pemkot Denpasar Gerak Cepat Tangani Sampah Menumpuk di TPS Lumintang. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pemkot Denpasar melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) langsung bergerak cepat menangani tumpukan sampah di TPS Lumintang pada Kamis (23/2/2023).

Penanganan tersebut pun mendapat perhatian serius Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara serta Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana yang turun langsung meninjau penanganan. Hal ini lantaran sampah sempat menumpuk karena volume sampah mengalami peningkatan. Di samping itu, juga adanya kendala di TPA Suwung yakni lahan pembuangan yang makin menyempit, akses jalan di TPA mengalami kerusakan juga adanya kerusakan alat berat.

Sekda Kota Denpasar IB. Alit Wiradana didampingi Kadis DLHK Kota Denpasar, IB Putra Wirabawa dan Kabag Prokopim Dewa Gede Rai saat di lokasi mengatakan, saat ini petugas dari DLHK Kota Denpasar sedang melaksanakan penanganan pengangkutan sampah. Sehingga seluruh sampah yang ada di lokasi TPS Lumintang dapat ditangani termasuk juga di TPS lainnya.

“Target kami hari ini tuntas dilaksanakan pengangkutan, sehingga lokasi tersebut kembali bersih,” jelasnya.

Baca Juga :  Sebanyak 10 Sekehe Baleganjur Ngarap Getarkan Panggung Kasanga Festival

Lebih lanjut IB. Alit Wiradana menjelaskan, adapun sampah rumah tangga yang masih mendominasi. Sehingga saat ini pihaknya menerjunkan Alat Berat serta Armada Truk pengangkut guna mempercepat penanganan.

Lebih lanjut Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana menekankan agar seluruh jajaran DLHK bekerja optimal guna mengatasi penumpukan sampah yang pengangkutan sempat terganggu karena kondisi cuaca dan kondisi di TPA Sarbagita Suwung.

Seluruh jajaran DLHK dan OPD yang menjadi bapak angkat kebersihan di masing-masing desa/kelurahan harus intens memantau penumpukan sampah yang ada di TPS serta melakukan kordinasi dengan desa/kelurahan.

Pihaknya berharap, penanganan ini dapat tuntas secepat mungkin. Sehingga tidak mengganggu kenyamanan masyarakat sekitar. Untuk mengatasi permasalahan sampah ini Pemkot Denpasar juga sudah menambah alat berat baik dengan membeli yang baru maupun sewa alat berat.

“Jadi jajaran kami siang malam menangani sampah yang tiap hari volumenya juga meningkat,” katanya.

Selain itu Alit Wiradana juga meminta agar DLHK lebih intens berkordinasi dengan Desa atau Kelurahan yang mempunyai TPS3R agar memaksimalkan pengolahan sampah berbasis sumber serta melakukan pemilahan sampah.

Baca Juga :  Bali dan Rumania Ingin Perkuat Kerja Sama di Berbagai Bidang

“Sesuai arahan Bapak Wali Kota, agar segera tertangani penumpukan sampah ini, dan kami juga sudah intruksikan agar semua TPS dipantau, diantisipasi dan dioptimalkan pengangkutanya secara berkala, sehingga sampah tidak meluber dan menumpuk,” kata Alit Wiradana.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News