Studi Komparasi
Pemerintah Kota Batam Studi Komparasi Pemulihan Ekonomi Pasca Covid-19 di Kota Denpasar. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Wali kota Denpasar, I.G.N Jaya Negara didampingi Sekretaris Kota Denpasar, I.B Alit Wiradana menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Wali Kota Batam, Muhammad Rudi beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Batam dalam rangka studi komparasi pemulihan ekonomi pasca Covid-19, di ruangan rapat Wali Kota Denpasar, Jumat (24/2/2023).

Kunker anggota Forkopimda Kota Batam di Pemerintah Kota Denpasar membahas sejumlah hal berkaitan dengan pemulihan perekonomian pasca Covid-19 di Kota Denpasar.

Wali Kota Denpasasr, I.G.N Jaya Negara menyampaikan, pertumbuhan ekonomi Kota Denpasar pasca Covid-19 sudah kembali tumbuh. Pada tahun 2022 pertumbuhan ekonomi Denpasar tumbuh hingga 4,84% (yoy) mengalami perubahan arah dari tahun sebelumnya kontraksi -2,46% (yoy).

“Tumbuhnya ekonomi Bali dan Denpasar khususnya sangat dipengaruhi oleh kembalinya aktivitas pariwisata. Hal ini terlihat dari jumlah kunjungan wisatawan asing yang datang ke Bali termasuk Denpasar pada tahun 2022,” ujar Jaya Negara.

Baca Juga :  Cuti Bersama Idul Fitri 1445 Hijriah di Kota Denpasar, Kegawatdaruratan Tetap Buka dan Pelayanan Publik Buka Setengah Hari pada 8 dan 9 April

Jaya Negara menambahkan, keberhasilan Kota Denpasar dalam menangani pandemi Covid-19 tak terlepas dari dukungan masyarakat bersama Forkopimda untuk melakukan vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan sehingga dibukanya kembali pariwisata yang merupakan penompang perekonomian Kota Denpasar.

Kemudian, Forkopimda memberikan dukungan penuh optimalisasi pelaksanaan 3T (Testing, Tracking dan Treatment) serta bersama-sama menggenjot pelaksanaan vaksinasi Covid-19 guna menekan dan memutus mata rantai penularan Covid-19 di wilayah Kota Denpasar sekitarnya.

Selain itu, Pemkot Denpasar sudah berhasil menciptakan herd immunity (tingkat kekebalan tubuh) masyarakat Denpasar terhadap Covid-19, karena cakupan vaksinasi di Kota Denpasar sudah cukup tinggi.

“Tentunya keberhasilan pemulihan ekonomi di Kota Denpasar adalah berkat penanganan Covid-19 yang berhasil kita kendalikan, kami optimis pada tahun 2023 pertumbuhan ekonomi Bali akan diatas 5% apalagi ditambah dengan adanya dua KEK yang akan dimiliki kota Denpasar. KEK Pulau Kura-Kura di Kelurahan Serangan dan KEK Kesehatan di Sanur,” jelasnya.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengucapkan, terima kasih kepada Pemkot Denpasar sudah menerima kunjungan kerja dalam rangka melakukan studi komparasi, di mana Indonesia dilanda pandemi Covid-19, pemulihan ekonomi Kota Denpasar dapat pulih dengan cepat.

Baca Juga :  Puluhan Warga Manfaatkan Layanan Posyandu Paripurna di Kelurahan Penatih

“Kedatangan kami ke sini menggali lebih jauh beberapa poin penting dalam meningkatkan PAD pasca pandemi Covid-19 khususnya di sektor pariwisata,” ujarnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News