Kesanga Festival
Parade Ogoh-ogoh PAUD Akan Meriahkan Kesanga Festival. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia Kota Denpasar akan ikut berbartisipasi meriahkan Kesanga Festival Kota Denpasar yang diselenggarakan pada 18 Maret mendatang di Lapangan Puputan Badung I Gusti Ngurah Made Agung. Hal ini terungkap saat Ketua IGTKI Kota Denpasar, Ni Nyoman Puspitawati Yasa saat audiensi dengan Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara dan Bunda PAUD Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara di Kantor Wali Kota Denpasar, Senin (6/2/2023).

Dalam kesempatan itu, Puspitawati Yasa mengatakan, dalam kegiatan ini ada 12 ogoh-ogoh mini yang diparadekan oleh anak-anak PAUD. Namun sebelum dipamerkan setiap kecamatan akan dilombakan. Tiga terbaik dalam lomba tersebut akan diparadekan di Kasanga Festival.

Baca Juga :  Seminar ‘Singasana Wirasa Mahalango’ Komitmen Pemerintah Kabupaten Tabanan Pelestarian Seni dan Budaya Lokal

Lebih lanjut dikatakan, selain untuk memeriahkan Kasanga Festival parade ini juga untuk memperkenalkan budaya Bali tentang Hari Raya Nyepi beserta manfaatnya. Dimana Hari Raya Nyepi tersebut hanya ada di Indonesia. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga memperkenalkan sejak dini  kepada anak-anak bahwa ogoh-ogoh itu lambang bhuta kala yang harus netralisir atau somya agar tidak mengganggu kehidupan di alam semesta.

“Satu ogoh-ogoh akan diarak oleh 10 orang anak-anak dan yang membawa gamelan atau mengiringi 10 orang anak. Tinggi ogoh-ogoh sesuai tinggi anak agar tidak terlalu tinggi dan lebar sehingga kreativitasnya anak-anak bisa mengarak sendiri tanpa bantuan orang tua,” jelas Puspitawati Yasa.

Baca Juga :  Sekda Alit Wiradana Paparkan Beragam Inovasi Denpasar Saat Evaluasi Smart City Tahun 2024

Puspitawati Yasa diharapkan, anak-anak bisa tumbuh kreativitasnya dan nantinya bisa  melestarikan budaya Bali yang adiluhung.

“Bahwa kita harus mempunyai projeck yang bisa membangkitkan rasa nasionalisme cinta tanah air dan cinta budaya,” ungkap Puspitawati Yasa.

Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara didampingi Bunda PAUD Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara memberikan apresiasi atas rencana kegiatan parade ogoh-ogoh yang diselenggarakan IGTKI Kota Denpasar.

Menurutnya parade tersebut akan memeriahkan Kesanga Festival Kota Denpasar. Anak-anak pasti akan memeriahkan kegiatan Kesanga Festival Kota Denpasar.

Baca Juga :  Agar #Cari_Aman, Ini Manfaat Menoleh ke Belakang Saat Berkendara

“Dimana ada anak-anak kegiatan pasti akan ramai dan meriah,” ungkap Jaya Negara.

Dalam kesempatan itu Jaya Negara memastikan dalam parade tersebut anak-anak akan mengarak ogoh-ogoh di tengah jalan. Untuk penonton maupun orang tua yang ingin menonton dan mengabadikan momen bisa dari pinggir jalan saja. Dengan langkah tersebut anak-anak bisa leluasa menampilkan kreativitasnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News