ftp unud
Inovasikan Biji Nangka dalam Upaya Mengatasi Food Waste di Indonesia. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Mahasiswa Teknologi Pangan ubah limbah jadi berkah dengan melakukan inovasi bii Nangka menjadi nugget dalam upaya mengatasi food waste seperti yang dilakukan oleh Adi Cahyadi dan beberapa anggota lainnya yaitu Eriano Septiadi, Ni Komang Sintia Dewi, Nyoman Narisadewi Sujata dan Ida Ayu Agung Andina Niti Saraswati Manuaba dibawah bimbingan Dosen Program Studi Teknologi Pangan yakni Anak Agung Istri Sri Wiadnyani, S.TP., M.Sc.

“Ide ini merupakan salah satu kreativitas mahasiswa Program Studi Teknologi Pangan yang telah mendapatkan pendanaan dari Program Mahasiswa Wirausaha Universitas Udayana,”ungkap Sri Wiadnyani.

Baca Juga :  Pemkot Denpasar Gencarkan Pencegahan Stunting Berkelanjutan, Wawali Arya Wibawa Ajak Seluruh Stakeholder Bangun Sinergitas Hingga Lapisan Terbawah

Berangkat dari permasalahan ‘Food Waste’ dan tingginya kandungan karbohidrat dan serat pada biji Nangka inilah yang memuat Kelompok mahasiswa ini membuat inovasi yang disebut Nubika ‘Nugget Biji Nangka’ dalam menghasilkan suatu produk yang bermanfaat dan memiliki peluang pasar.

Selain memanfaatkan biji nangka, campuran tepung kedelai juga menambah kandungan protein, sehingga secara tidak langsung dari pembuatan produk ini dapat membantu para petani Indonesia dalam mengembangkan potensi pangan lokal.

Adi Cahyadi selaku ketua kelompok memaparkan bahwa melalui pemanfaataan biji nangka sebagai bahan dasar dengan substitusi tepung kedelai serta bumbu-bumbu lainnya membuat produk ini kaya akan nutrisi yang aman bagi tubuh dan memiliki citarasa yang cocok di lidah masyarakat.

“Produk ini hadir dengan 2 varian yaitu asin dan manis yang dikemas dalam bentuk frozen food yang memiliki ketahanan selama kurang lebih 1 minggu sehingga NUBIKA dapat dijangkau semua orang,” ujarnya.(unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News