ftp unud
Mahasiswa Teknologi Pangan Raih Juara I Lomba Reels Food and Nutrition Festival. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Mahasiswa Program Studi Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana berhasil meraih Juara I Lomba Reels pada Food and Nutrition Festival (FANFEST) yang diadakan oleh Universitas Sahid (USAHID) tahun 2023 dengan tema pentingnya Peran Generasi Milenial dalam Inovasi Pangan Lokal serta Penggunaan Bahan Tambahan Pangan yang Aman.

Kelompok mahasiswa yang berhasil meraih juara I terdiri dari Maria Virginia Myrananda, Ni Kadek Alit Wirastuti,  dan Putu Anjani Dana Risti dengan judul Video Reels yang dibuat yaitu Ekstrak KuBu Naga Sebagai Pewarna Kue Apem.

Baca Juga :  Pemkot Denpasar Berikan Penghargaan Bagi Calon Pensiunan PNS

Ni Kadek Alit Wirastuti yang kerap disapa Alit memaparkan bahwa Pada jajanan apem terkadang ditemukan BTP yang berbahaya yakni Rhodamin B. Maka dari itu kami membuat pewarna alami yang dapat menggantikan rhodamin B yaitu Ekstrak Kulit Buah Naga dikarenakan mengandung antosianin yang cukup tinggi dimana zat ini memberikan warna merah dan juga dapat berfungsi sebagia antioksidan sehingga cocok dijadikan pewarna alami dan dapat menjadi salah satu solusi dari permasalahan yaitu penggunaan BTP khususnya pewarna berbahaya seperti Rhodamin B pada pembuatan kue Apem.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa kedepannya Bersama tim akan terus mengikuti perlombaan-perlombaan yang berhubungan dengan Teknologi Pertanian khususnya di bidang Teknologi Pangan baik perlombaan poster, perlombaan Video Reels ataupun essay dan karya tulis ilmiah.

Baca Juga :  Naluriku Menari Siap Digelar di Kota Denpasar, Jadi Ruang Kreativitas untuk Asah Skill Generasi Muda di Bidang Seni Tari

“Kami berharap semoga banyak rekan-rekan yang juga mengikuti jejaknya untuk aktif mengikut perlombaan di tingkat nasional maupun internasional guna meningkatkan prestasi mahasiswa di Program Studi Teknologi Pangan,” ujarnya. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News