feb unud
Komang Krisna Heryanda Raih Gelar Doktor pada Program Studi Doktor FEB Unud. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR РKemiskinan mayoritas ditemukan pada masyarakat yang penduduknya menggeluti pekerjaan di sektor pertanian. Pendapatan menjadi masalah utama di sektor pertanian yang disebabkan tidak efisiennya penggunaan sumber daya dalam proses produksi mengakibatkan hasil yang diperoleh lebih rendah dari sumber daya yang dikeluarkan oleh petani selama proses produksi (Hinderink & Sterkenburg, 1985; Jett̩Nantel et al., 2011; Wortmann-Kolundzija, 2019).

Ketidakefisienan dalam penggunaan sumber daya dikarenakan teknik pertanian yang diterapkan petani masih tradisional, sehingga sumber daya yang telah dihabiskan tidak sebanding dengan hasil yang diperoleh petani,

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Buka Porsenijar Kota Denpasar Tahun 2024, Pertandingkan 32 Cabor dan 22 Cabang Seni

Pada kesempatan yang berbahagia ini, Kamis (12/1/2023), Promovendus Komang Krisna Heryanda, S.E., M.M., menyampaikan Disertasi yang mengangkat topik: Analisis Kesejahteraan Petani Bawang Putih di Kabupaten Buleleng.

“Tujuan dari disertasi ini adalah menganalisis peran pemerintah, kelembagaan petani dan kompetensi petani terhadap kemampuan adopsi teknologi informasi dan kinerja usahatani serta kesejahteraan petani bawang putih di Kabuapten Buleleng,” beber Komang.

Hasil penelitian dari promovendus adalah: Kesejahteraan petani bawang putih di Kabupaten Buleleng dapat diwujudkan melalui usaha sosial dan lembaga dalam membantu petani meningkatkan kesejahteraanya.

“Usaha sosial tersebut berasal dari peran pemerintah sebagai fasilitator dan kelembagaan petani dalam menjalankankan fungsinya. Selain itu peningkatan kesejahteraan petani dapat dilakukan dengan peningkatan kompetensi petani dalam hal perencanaan, eksekusi, evaluasi maupun penjualan pasca panen,” imbuhnya.

Baca Juga :  Tinggi Suara Tak Sah Saat Pemilu 2024 di Bali, KPU Bali Akan Lakukan Evaluasi

Sidang Promosi Doktor ini dilaksanakan secara Offline, dimana Promotor dari Promovendus ini adalah Bapak Prof. Dr. Made Suyana Utama, S.E., M.S., serta Kopromotor Prof. Dr. Ni Nyoman Yuliarmi,S.E., M.P. dan Kopromotor II adalah Dr. Ida Bagus Purbadharmaja, S.E., M.P. Ujian ini dipimpin oleh Ibu Ketua Sidang yang pada kesempatan ini dipimpin oleh Ibu Koprodi, Ibu Prof. Dr. Ni Nyoman Yuliarmi, S.E., M.P. Promovendus merupakan Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Ganesha.

Promovendus berhasil lulus ujian dengan predikat Sangat Memuaskan. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News