Hari Peduli Sampah Nasional
Hari Peduli Sampah Nasional 2023 "Generasi Penerus Bangsa Yang Peduli Sampah”. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Hari Peduli Sampah Nasional diperingati setiap tanggal 21 Februari setiap tahunnya, peringatan ini merupakan salah satu refleksi yang dilakukan atas peristiwa bencana kemanusiaan di tempat pembuangan akhir (TPA) Leuwigajah, Cireundeu, Jawa Barat yang terjadi pada 21 Februari 2005. Ledakan gas metana pada TPA ini yang kemudian menyebabkan TPA meledak dan longsor hingga menimbun desa yang ada di bawah TPA Leuwigajah. Bencana ini menjadi tamparan keras sebab ratusan nyawa harus menjadi korban dalam peristiwa ini.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mencatat masih ada sebanyak 35,46% tempat pembuangan akhir (TPA) yang dikelola secara open dumping hingga Mei 2022. Padahal, berdasarkan Undang-Undang Nomor 18 tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah, pemerintah telah memberikan toleransi waktu 2 tahun untuk menyesuaikan pengelolaan sampah dari open dumping menjadi sanitary landfill juga agar pengelolaan sampah sesuai SOP yang telah ditetapkan. Namun, selama 14 tahun UU itu berlaku, TPA open dumping masih banyak ditemui di lingkungan masyarakat.

Baca Juga :  Dukung Persiapan Masuki Dunia Kerja, Astra Motor Bali Hadiri Gelaran Job Fair SMK PGRI 2 Badung

Praktik ini yang menjadi salah satu penyebab ledakan dahsyat pada TPA. Bencana kemanusiaan ini akhirnya menjadi salah satu gerakan yang diinisiasi Get Plastic sejak tahun 2020 untuk melaksanakan refleksi dan peringatan bahwa pengelolaan dan pengolahan sampah yang tidak baik akan menyebabkan bencana yang tidak terhindarkan. Get Plastic sebagai sebuah organisasi yang fokus pada permasalahan sampah plastik menyikapi HPSN sebagai titik balik kita merefleksikan apa yang bisa kita lakukan hari ini untuk generasi Indonesia kedepannya.

Setiap tahunnya, Get Plastic bergerak dan melaksanakan peringatan HPSN dengan tema yang berbeda-beda. Di tahun 2023 ini Get Plastic memfokuskan peringatan HPSN di TPA Suwung Denpasar, salah satu TPA terbesar yang ada di Bali dimana terdapat tiga kabupaten yang membuang sampah di tiap wilayahnya ke TPA Suwung ini. Sampai saat ini TPA Suwung tidak menerima sampah dari Kabupaten Badung dan Gianyar lagi, ditambah saat ini ada rencana bahwa TPA Suwung akan berhenti menerima sampah di bulan Januari 2023.

Baca Juga :  HOAKS!! Rekrutmen PLN Group

Get Plastic menginisiasi peringatan HPSN dengan tema ‘’Generasi Penerus Bangsa Yang Peduli Sampah” dimana kegiatan ini akan menyasar anak-anak di sekitar TPA Suwung pada tanggal 21 Februari 2023 bertempat di Suwung Community Center Bali Life Foundation – TPA Suwung. Kegiatan ini akan diikuti oleh anak-anak Suwung Community Center (SCC) dengan rentang usia 9-13 tahun. Kegiatan akan difokuskan pada kegiatan edukasi berbasis permainan agar anak-anak SCC memahami dan sadar akan pentingnya menjaga alam mereka dari sampah terutama sampah plastik. Melalui kegiatan ini kami berharap dapat menumbuhkan kesadaran akan bahaya sampah plastik bagi lingkungan kita terutama di sekitar TPA.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News