UP3M UNUD
FMIPA Unud Gelar Rapat Koordinasi Perencanaan Kegiatan UP3M Tahun 2023. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – UP3M Fakultas MIPA yang diketuai oleh Dr. I Nengah Wirajana, S.Si., bersama TPPMPS melaksanakan rapat koordinasi perencanaan kegiatan UP3M FMIPA yang bertujuan untuk mematangkan rencana kerja rutin dan mempersiapkan program studi di lingkungan FMIPA UNUD dalam melaksanakan akreditasi Internasional.

Akreditasi program studi ini seperti diketahui adalah salah satu upaya atau instrumen dalam menjaga, meningkatkan, serta menjamin mutu pendidikan yang dilaksanakan di dunia pendidikan secara umum dan di Fakultas MIPA secara khusus. Rapat ini dihadiri langsung oleh Dekan FMIPA UNUD Dra. Ni Luh Watiniasih, M.Sc., Ph.D., Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan Dr. Drs. G.K. Gandhiadi, M.T., Ketua UP3M, Sekretaris UP3M Dr. Ni Made Suartini, S.Si.,M.Si., beserta seluruh ketua dan Anggota TPPMPS Program Studi secara luring di ruang sidang dekanat FMIPA kampus Bukit Jimbaran.

Baca Juga :  Sambut Hari Pers Nasional, PLN Terima Penghargaan Sahabat Pers dari PWI Provinsi Bali

Dalam sambutan Dekan, Watiniasih menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada UP3M yang sudah menginisiasi rapat koordinasi ini. Watiniasih berharap rapat koordinasi ini nantinya dapat mendukung pelaksanaan kegiatan FMIPA utamana dalam hal penjaminan mutu dan akreditasi naasional maupun internasional.

“Berharap UP3M dapat mengakselerasi akreditasi internasional. Dokumen apa saja yang diperlukan agar dikonfirmasi ke pimpinan sehingga tidak ada berkas yang kurang dan tujuan akreditasi internasional yang direncanakan dapat tercapai dengan hasil yang maksimal,” ucapnya.

Watiniasih juga mengingatkan bahwa semua dokumen akreditasi haruslah dalam bahasa Inggris, tentunya hal ini akan menjadi tantangan untuk kita semua agar selain lengkap juga mengandung kaedah-kaedah tata bahasa yang diharapkan. Pertengahan tahun 2023 adalah target dokumen akreditasi internasional harus sudah siap.

Watiniasih berharap seluruh tim dapat bekerja dengan maksimal, bisa melaksanakan apa yang ditugaskan dengan baik dan semua prodi harus siap nantinya untuk akreditasi internasional. Mengakhiri sambutan, dengan diiringi puji syukur dan berdoa kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa – Tuhan Yang Maha Esa, Watiniasih mengetuk palu tiga kali sebagai penanda bahwa Rapat Koordinasi Perencanaan kegiatan UP3M tahun 2023 dibuka secara resmi.

Baca Juga :  Serangkaian HUT Ke-27, Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma "Mulang Pekelem" di Pantai Mertasari

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan Dr.Drs. G.K. Gandhiadi, M.T., sebagai wakil dekan yang membidangi pendidikan dan perencanaan turut menyampaikan bahwa akrediasi internasional dalam hal menuju internasionalisasi merupakan pekerjaan besar. Gandhiadi mengarahkan agar tim dapat memetakan semua kekuatan, kelemahan, tantangan, dan persaingan sehingga nantinya dapat dicari cara serta langkah-langkah strategis agar tujuan penjaminan mutu serta akreditasi internasioanl dapat tercapai dengan status yang maksimal.

Peluang nilai akreditas FMIPA mungkin tidaklah sama dengan yang lainnya. Sebagai langkah awal, kurikulum bertaraf internasional yang ber-OBE yang harus kita selesaikan dan selanjutnya baru lanjutkan dengan langkah strategis dan teknis berikutnya.

Baca Juga :  Sekda Alit Wiradana Lepas Jalan Sehat Sanur Fiesta 2024

“Kami berharap kita semua dapat saling bekerjasama untuk memajukan civitas kita tercinta menjadi civitas pendidikan yang bertaraf internasional,” ucapnya.

Setelah sambutan dan arahan dari pimpinan, selanjutnya rapat diserahkan kepada kepada Ketua UP3M. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News