Ramah Anak Bahagia.
Diresmikan Bupati, Jembrana Miliki Ruang Bermain Ramah Anak Bahagia. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Revitalisasi taman bermain anak yang berada di belakang areal gedung kesenian Bung Karno telah rampung dilaksanakan. Kini, keberadaan Taman Ramah Anak (TRA) lebih tertata, cantik serta memiliki fasilitas permainan anak yang lebih lengkap  Revitalisasi itu menyediakan sejumlah fasilitas tambahan, kini dilengkapi dengan pagar pembatas, rumput sintetis arena bermain anak serta papan imbauan peruntukan TRA.

Keberadaannya diharapkan sebagai pilihan masyarakat Jembrana berekreasi dengan keluarga sekaligus pemenuhan akan hak bermain anak beserta perlindungannya.

TRA Jembrana tersebut diresmikan pemanfaatannya oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba, sabtu (25/2/2023) pagi dengan nama Ruang Bermain Ramah Anak Bahagia.

Peresmian itu sekaligus menyemarakkan peringatan dua tahun kepemimpinan dan pengabdiannya membangun Jembrana bersama Wabup I Gede Ngurah Patriana Krisna.

Baca Juga :  Wabup Ipat Serahkan Tongkat Adaptif Bantu Penyandang Disabilitas

“Keberadaan TRA ini penting sebagai wahana publik sarana rekreasi sekaligus. Di ruang bermain ini, anak-anak harus bermain dengan bahagia dan gembira,” ujar Bupati Tamba.

Tak lupa, Bupati asal Kaliakah ini mengajak masyarakat menjaga fasilitas dengan tanggung jawab.  Dengan demikian keberadaan TRA ini lebih optimal dirasakan.

“Menjadi tanggungjawab bersama untuk menjaga fasilitas yang sudah ada,” tandasnya.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jembrana, Dewa Gede Ary Candra Wisnawa mengatakan, pelaksanaan revitalisasi tempat ruang bermain anak (RBA) diperuntukkan bagi anak.

Baca Juga :  Duta GenRe Jembrana Diharapkan Jadi Engine of Change

Melengkapi fasilitas yang telah rusak sebelumnya kini ditambah dengan pagar pembatas sebagai areal steril dikhususkan bagi anak-anak, sehingga orang dewasa diharapkannya tidak ikut serta menggunakan wahana permainan.

Selain itu, lampu penerangan juga ditambah, papan informasi, nama permainan dan peruntukan, papan nama TRA, tanaman sebagai alat edukasi dan rumput sintetis untuk kenyamanan anak-anak bermain.

“TRA Ini sekaligus salah satu project percontohan untuk pembangunan TRA di tempat lain. Ke depan kita akan jadikan standar pembangunan tempat lainnya,” terang Ary Candra.

Ary Candra menambahkan dalam perencanaan tahun 2023, beberapa fasilitas bermain anak di tempat lain mesti juga direvitalisasi.

Baca Juga :  Luncurkan Aplikasi PIJAR, Bupati Tamba Dorong Siswa Kreatif Kedepankan Teknologi Pembelajaran

“Beberapa titik juga sudah mulai rusak, karena itu kita targetkan revitalisasi juga mengacu standar yang sudah dibangun di Gedung Kesenian,” sambungnya.

Dengan rampungnya revitalisasi taman bermain anak di gedung kesenian, beberapa pengunjung mengaku senang. Salah satunya Ni Putu Susanti, yang rutin mengajak anaknya bermain di TRA gedung kesenian.

Fasilitas itu dinilai bermanfaat karena tempat rekreasi yang edukatif sekaligus bisa diakses masyarakat secara gratis.

“Wahana permainan lebih lengkap, ini jadi salah satu pilihan untuk rekreasi bersama keluarga. Semoga fasilitas seperti ini diperbanyak lagi ke depan,” ujar Susan.(ang/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News