BASAbali Wiki
Pendiri BASAbali Wiki, Gde Nala Antara. Sumber Foto : aar/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Platform digital dengan kearifan lokal yang merupakan kebanggaan masyarakat Bali, yakni BASAbali Wiki meraih penghargaan dari Konsulat Amerika Serikat (USA) yang berkududkan di Surabaya, Jawa Timur, atas kontribusinya dalam partisipasi publik untuk mempromosikan isu-isu sipil/kemasyarakatan serta mendorong pelestarian bahasa dan budaya daerah Bali, bertempat di Kampus UID Bali, Kawasan BTID, Serangan, Denpasar, pada Kamis (16/2/2023) pagi.

Ditemui di sela-sela acara, Pendiri BASAbali Wiki, Gde Nala Antara menuturkan, BASAbali Wiki telah menciptakan model partisipasi yang memungkinkan milenial dan yang lainnya untuk berkomentar terhadap isu-isu kemasyarakatan, yaitu dengan memfasilitasi dialog secara langsung kepada pembuat kebijakan di tingkat regional dan nasional.

Baca Juga :  Sebanyak 160 Ogoh-Ogoh Karya STT se-Denpasar Dinilai, 12 Terbaik Ikuti Parade di Catur Muka Serangkaian Kesanga Fest

“BASAbali Wiki beroperasi dalam bahasa Inggris sebagai bahasa global, bahasa nasional Indonesia, dan bahasa daerah dan telah hadir sejak tahun 2011. Oleh karena sifatnya yang kolaboratif, hasil dari platform digital yang selanjutnya disebut wiki ini memfasilitasi pembangunan masyarakat dengan menyediakan proses berbagi ide dan masukan bersama para pembuat kebijakan,” jelasnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, mereka yang berpartisipasi dalam BASAbali Wiki memiliki keinginan yang sama untuk membuat kebijakan menjadi lebih informatif, masyarakat yang lebih baik, serta ‘kekuatan rakyat’ ada di tangan generasi muda yang sudah mendapat ekspos informasi secara layak.

“Penghargaan ini merupakan pengakuan dunia untuk menjadi acuan dalam penyelenggaraan program literasi di Indonesia,” singkatnya.

Kolaborasi aktif antara para siswa, sarjana, dan dorongan komunitas yang difasilitasi BASAbali telah mendapat apresiasi dari pemerintahan provinsi di Indonesia dan UNESCO serta IEEE (The Institute of Electrical and Electronics Engineers). Semuanya memberikan rekognisi terhadap kerja BASAbali yang secara digital menghubungkan mereka yang kurang terhubung.

Baca Juga :  Bunda Paud Kota Denpasar Serahkan 719 Kartu Identitas Anak

Di Bali terdapat sebanyak tiga juta pengunjung yang telah menggunakan BASAbali Wiki. Ini menjadi model bagi Yayasan Rumata’Artspace, sebuah organisasi seni dan budaya, dalam mengoperasikan BASAsulsel Wiki di Sulawesi Selatan.

Kedua wiki tersebut menyatu dalam organisasi payung yang dinamai ‘Bahasa Ibu Wiki’ atau ‘BASAibu Wiki’. Aspek yang unik pada kedua wiki ini bahwa kini masyarakat di Bali dan Sulawesi Selatan membentuknya menurut kebutuhannya masing-masing yang terus berkembang.

Sementara itu, Joshua Sen, Pejabat Urusan Publik pada Konsulat AS di Surabaya menuturkan, BASABali Wiki adalah contoh luar biasa dari ikatan kuat antara Amerika Serikat dan Indonesia dalam melestarikan bahasa melalui penggunaan teknologi serta pemberdayaan masyarakat.

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Tinjau Pasar Murah Serangkaian HUT Ke-236 Kota Denpasar

“Kami memuji semua orang Amerika, banyak pelajar Indonesia, para pemuka agama, dan para pendidik atas upayanya memajukan demokrasi dengan tetap melestarikan bahasa dan budaya lokal Bali serta memperbaiki pemerintahan di era digital,” jelasnya kepada Baliportalnews.com.(aar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News