pekerti unud
Unud Diberikan Kepercayaan oleh Universitas Al-Azhar Mataram Selenggarakan Pelatihan PEKERTI. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Universitas Udayana (Unud) melalui Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) menyelenggarakan pelatihan “Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) Dosen Universitas Al-Azhar Mataram (UNIZAR) yang berlangsung secara daring, pada 24 Januari s/d 3 Pebruari 2023.

Ketua Panitia Pelaksana, Prof. G.P. Ganda Putra menyampaikan pelatihan ini sebagai bentuk implementasi kerjasama Unud dengan UNIZAR khususnya dalam rangka peningkatan kompetensi dosen pada proses pembelajaran yang diharapkan dapat bermanfaat dalam perencanaan, pelaksanaan dan penilaian dalam proses pembelajaran.

Unud telah diberikan kewenangan untuk menyelenggarakan pelatihan PEKERTI dan juga AA sesuai dengan surat Direktur Sumber Daya Dikti tertanggal 11 Juli 2021, sehingga sertifikat yang diberikan oleh Unud dapat digunakan secara sah sebagai syarat wajib untuk Serdos. Sesuai ketentuan yang berlaku, pelatihan PEKERTI minimal dilakukan 56 jam kegiatan dengan output minimal 6 buah produk. Peserta pelatihan merupakan Dosen UNIZAR yang terdaftar berjumlah 37 orang yang dibagi menjadi 6 kelompok.

Rektor UNIZAR, Dr. Ir. Muh Ansyar, MP dalam sambutannya menyampaikan PEKERTI merupakan bekal bagi para dosen didalam melaksanakan kegiatan di kampus yakni pendidikan dan pengajaran.

Baca Juga :  Fakultas Pertanian Unud Jalin Kerjasama Internasional dengan Colege Of Agriculture Ibaraki University

“Pelaksanaan pelatihan PEKERTI ini merupakan sebagai salah satu bentuk implementasi kerjasama kedua universitas, dimana kerjasama dengan LP3M Unud ini sudah berlangsung cukup lama dan juga sudah beberapa kali mengadakan pelatihan yang sama, kemudian juga yang sangat berkesan saat menjadi PTN Asuh Universitas Udayana,” terangnya.

Dimana pada saat itu hanya satu prodi yang terakreditasi B dan saat ini sudah hampir semua Prodi terakreditasi B. Atas bimbingan dan bantuan dari LP3M Unud, pihaknya bisa meningkatkan peringkat akreditasi, dan berharap kerjasama ini berjalan dengan baik begitu juga dengan pelatihan PEKERTI ini.

Baca Juga :  Fakultas Pariwisata Unud Gelar Udayana Tourism Championship

Sementara Wakil Rektor Bidang Akademik Unud, Prof. I Gede Rai Maya Temaja yang membuka pelatihan ini dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam menghadapi tantangan revolusi industri 4.0, pendidikan merupakan modal utama, jadi dosen memiliki pengaruh langsung pada peningkatan kualitas belajar dari mahasiswa.

“Untuk itu dosen mesti memiliki kemampuan dasar, kemampuan merancang proses pembelajaran, mengevaluasi pembelajaran dan kemampuan melaksanakan pembelajaran secara efektif,” ucap Prof. Rai.

Semua kemampuan ini dapat ditingkatkan melalui pelatihan yang dilakukan seperti sekarang ini. PEKERTI merupakan program pelatihan yang dapat dimanfaatkan dalam rangka meningkatkan kompetensi profesional dosen yang ditujukan bagi dosen pemula agar menguasai konsep-konsep dasar dalam  pembelajaran dan memiliki kemampuan mengajar yang memadai.

Melalui pelatihan ini diharapkan dapat digunakan sebagai kriteria pemenuhan persyaratan sertifikasi pendidik atau sertifikasi dosen. Wakil Rektor mengucapkan terima kasih kepada LP3M yang sudah mempersiapkan serta melaksanakan pelatihan ini dan juga kepada UNIZAR yang telah mempercayakan kepada Unud menyelenggarakan kegiatan ini. Pelatihan peningkatan kompetensi SDM ini diharapkan dapat mengantarkan perguruan tinggi ke arah yang lebih baik.

Baca Juga :  KUI Gelar Sharing Session Mahasiswa Unud dengan Mahasiswa MSU Malaysia dan Inisiasi Kerja Sama

Adapun materi yang diberikan pada pelatihan ini meliputi Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti), Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Sistem Penjaminan Mutu Dikti dan SPMI, Kebijakan Standar Mutu dan Standar Pendidikan Tinggi, Pembelajaran Orang Dewasa, Dasar-dasar Komunikasi dan Keterampilan Dasar Mengajar, Pembelajaran era RI 4.0 (e-learning), Penyusunan Kurikulum, Pembentukan Mata Kuliah, Struktur Kurikulum, CPMK, Metode dan Bentuk Pembelajaran, Penilaian Pembelajaran, Team Teaching, Panduan Praktikum, Pengembangan Soft-skill dalam Proses Pembelajaran, Rencana Pembelajaran Semester dan Presentasi. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini