universitas udayana
Universitas Udayana Tanda Tangani MoU dengan HK Haibin Education Group Limited. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JIMBARAN – Universitas Udayana (Unud) menjalin kerjasama dengan HK Haibin Education Group Limited yang ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) oleh kedua belah pihak bertempat Ruang Nusa Gedung Rektorat Unud Kampus Jimbaran, Rabu (18/1/2023). Penandatanganan MoU ini juga dirangkaikan dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan beberapa Fakultas dan Pascasarjana Unud.

Adapun Fakultas yang menandatangani PKS diantaranya Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Pariwisata, Fakultas MIPA, Fakultas Peternakan, Fakultas Kedokteran, dan Fakultas Teknologi Pertanian. Kerjasama ini diinisiasi oleh Kantor Urusan Internasional (KUI) Unud. Hadir dalam acara penandatanganan yakni Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Informasi mewakili Rektor Unud, Para Pimpinan Fakultas dan Pascasarjana, Koordinator KUI serta Bagian Kerjasama dan Humas Unud.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Informasi Prof. I Putu Gede Adiatmika dalam sambutannya menyampaikan kondisi Unud terkait rencana kerjasama dengan HK Haibin, dimana dari 13 Fakultas dan Pascasarjana semua memiliki Program Pascasarjana baik Magister maupun Doktor.

“Tentunya hal ini akan dapat mendukung  kerjasama yang akan dijalin dalam proses pendidikan magister maupun doktor yang rencananya diikuti oleh mahasiswa dari China,” ucapnya.

Baca Juga :  Lokakarya Tri Dharma Perguruan Tinggi Prodi Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah 2022

Mungkin tidak semua fakultas bisa menerima mahasiswa di tahap awal, tetapi Rektor berharap nantinya semua prodi akan siap menerima mahasiswa dari China. Kami berharap HK Haibin dapat memfasilitasi, mengkomunikasikan dan menginformasikan terkait program-program Universitas Udayana baik di Hongkong maupun China daratan.

Pihaknya juga berharap mahasiswa yang hadir di Unud dapat mengikuti pendidikan dengan baik dan lulus tepat waktu. Semoga apa yang diharapkan dapat dilaksanakan dengan baik dan berkelanjutan.

Sementara Chairman of HK Haibin Education Group Limited, Hu Haibin B.Eng., M.Ec.MBA., Ph.D., menyampaikan sekilas mengenai HK Haibin yang teregister di Hongkong tetapi manajemennya berada di Beijing China. Fokus HK Haibin selain di Indonesia juga di Malaysia. HK Haibin memiliki banyak kerjasama dengan universitas-universitas di China begitu juga di Malaysia dan di Indonesia.

“Kami juga menjembatani universitas di China dengan universitas di Indonesia. Di China, HK Haibin memiliki Tim untuk merekrut mahasiswa dimana tiap tahun telah mengirim sekitar seribu mahasiswa ke Malaysia dan Indonesia,” ujarnya.

Bali adalah pulau yang terkenal dan juga Unud adalah universitas terbaik di Bali, jadi pihaknya percaya ini akan menjadi langkah awal untuk merekrut mahasiswa ke Unud karena memiliki lingkungan yang baik, fasilitas dan lokasi yang baik. Pihaknya berharap kerjasama berjalan dengan lancar dan Unud bisa menjadi universitas dengan mahasiswa asing terbanyak di Indonesia. Melalui kesempatan tersebut Chairman HK Haibin juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Unud atas kerjasama yang dijalin.

Baca Juga :  FEB Unud Gelar Forum Kajian Pembangunan 2022 Bersama Indonesia Project Australian  National University

Usai penandatanganan juga dilakukan pemaparan terkait profil HK Haibin Education Group Limited dan prospek kerjasama kedepan. HK Haibin merupakan sebuah perusahaan yang berpusat di Beijing dan memiliki sebanyak 200 staf dan juga memiliki konsultan pendidikan serta telah memiliki banyak kerjasama dengan universitas di negara lain. HK Haibin memiliki kantor cabang di beberapa negara salah satunya di Indonesia. HK Haibin menjembatani dan juga merekomendasikan mahasiswa-mahasiswa untuk ke Indonesia. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini