DBD
Tekan Peningkatan Kasus DBD, Puskesmas III Denpasar Utara Fogging Focus Belasan Rumah Warga. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Upaya menekan peningkatan angka kasus DBD terus dilakukan. Salah satunya melalui kegiatan Fogging Focus yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Denpasar, melalui  Puskesmas III Denpasar Utara, Sabtu (28/1/2023) pagi.

Dari data terhimpun, terdapat setidaknya 15 rumah warga yang menjadi sasaran petugas kali ini. Adapun lokasinya berada di seputaran Jalan Astasura I, Banjar Benbiyu, Kelurahan Peguyangan.

Kepala UPTD Puskesmas III Denpasar Utara, dr. Ida Bagus Jelantik Manuaba memaparkan, pihaknya terus secara intensif melakukan upaya dalam hal pencegahan merebaknya DBD ini.

“Kami secara intensif terus memberikan edukasi dan arahan ke warga terkait dengan gerakan 3M plus. Seperti menguras dan menutup rapat tempat penampungan air, juga mendaur ulang barang bekas penampungan hujan,” terang dr. Jelantik.

Baca Juga :  31.985 WP Badan Lapor SPT Tahunan Tepat Waktu dan Tumbuh 21,99 Persen

Selain itu, penambahan ikan pemakan jentik nyamuk pada pot yang berisi jenis tanaman air juga bisa menjadi salah satu langkah andalan dalam mencegah menyebarnya jentik nyamuk ini.

Peran serta masyarakat, menurut dr. Jelantik sangat diperlukan dalam upaya pencegahan penyebaran kasus DBD ini. Karena dalam langkah pemutusan siklus hidup nyamuk, semua kalangan masyarakat dapat berperan aktif.

“Maka kami tidak bosan untuk terus menghimbau pada warga, agar dapat berperan aktif dan bersama sama dalam upaya penyebaran jentik nyamuk.DBD ini,” pungkas dr. Jelantik.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News