Siltap
Seluruh Perbekel dan Perangkat Desa di Kabupaten Buleleng Terima Siltap 2023 Tepat Waktu. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Sesuai janji, Penjabat (Pj) Bupati Buleleng, Ketut Lihadnyana beserta jajaran bisa mencairkan Siltap (Penghasilan Tetap) perbekel (kepala Desa) dan perangkat desa di Kabupaten Buleleng Tahun Anggaran (TA) 2023 yakni bulan Januari 2023.

Hingga Selasa (10/1/2023) seluruh perbekel dan perangkat desa di Kabupaten Buleleng telah menerima siltap yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD).

Mengenai hal ini, Lihadnyana yang juga seorang birokrat di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali ini membenarkannya. Siltap atau gaji para perbekel sudah cair. Termasuk ADD yang menjadi sumber dari siltap tersebut. Ini artinya untuk pertama kali, para perangkat desa dan perbekel di Kabupaten Buleleng bisa menerima gaji di bulan Januari.

“Saya bersama jajaran benar-benar berupaya agar para perbekel dan perangkat desa menerima haknya di bulan Januari. Ini untuk memenuhi janji saya,” jelasnya.

Baca Juga :  Suami Korban Menduga Adanya Keterlibatan Pihak Berwenang dalam Kasus Mafia Tanah yang Terjadi di Nusa Penida

Selama ini, ada hambatan dan kendala yang menyebabkan ADD ataupun siltap tidak bisa cair di bulan Januari. Hambatan dan kendala ini yang diperbaiki seluruh jajaran SKPD terkait. Ini terkait dengan pengaturan administrasi untuk bisa dicairkan.

“Sehingga saat ini bisa cair di bulan Januari. Ini hak mereka. Jadi harus cair tepat waktu,” ujar Lihadnyana.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Buleleng Nyoman Agus Jaya Sumpena menyebutkan proses telah dilakukan di awal Januari 2023 lalu. Pada tanggal 2 Januari 2023, DPMD telah memasukkan amparahan ke Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD). Kemudian, BPKPD memasukkan ke bank penyalur berupa penyaluran Alokasi Dana Desa (ADD). Ini dikarenakan siltap perbekel dan perangkat desa bersumber dari ADD.

“Kemarin saya cek sudah cair. Per hari ini sudah cair semuanya. Tidak ada kendala yang berarti. Sesuai dengan apa yang menjadi rencana pak Pj bahwa bulan Januari siltap sudah diterima dan sampai saat ini sudah terwujud,” sebutnya.

Sementara itu, salah satu perbekel yaitu Perbekel Desa Tangguwisia, Kecamatan Seririt Putu Ngurah Budi Utama yang juga Ketua Forum Komunikasi (Forkom) Perbekel Kecamatan Seririt mengungkapkan ini merupakan hasil dari koordinasi dan perjuangan dari para perbekel. Dimana direspon positif oleh Pj Bupati Buleleng dan sangat semangat memperjuangkan desa termasuk perbekel serta perangkat desa.

Baca Juga :  Pilkel Serentak di Badung, Bupati Giri Prasta Nyoblos di TPS 1 Br. Pelaga, Wabup Suiasa di TPS 12 Br. Kauh Pecatu

“Akhirnya ADD yang menjadi sumber dana siltap bisa cair di bulan Januari 2023 ini. Mudah-mudahan dengan kerja bapak Pj, apa yang menjadi harapan kami di desa semuanya terwujud. Semoga ini berlanjut jangan sampai ada macet-macet seperti kemarin,” ungkap dia.

Jumlah total ADD yang sudah cair untuk siltap kepada perbekel dan perangkat desa di 129 desa yang ada sebesar Rp7.851.059.081. Jumlah tersebut dikurangi iuran BPJS sebesar satu persen sehingga penyaluran bersih ke 129 desa sebesar Rp7.807.254.772.(adv/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini