Giat PSn
Putus Rantai Penyebaran DB, Pemkot Denpasar Gencar Lakukan Pembasmian Jentik. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dinas Kesehatan Kota Denpasar melalui Puskesmas III Denpasar Selatan bersama Koordinator dan Kader Jumantik lakukan giat Pemantauan Jentik dan Penyelidikan Epidemiologi (PE) di wilayah Banjar Kawan, Serangan pada Sabtu (21/1/2023).

Pembasmian Jentik dan Penyelidikan Epidemiologi (PE) ini dilakukan karena menidak lanjuti laporan warga yang mengalami demam dan opname di salah satu rumah sakit. Penyelidikan Epidemiologi (PE) dilakukan pada radius 100m dari rumah penderita.

Hal ini dilakukan tidak lain untuk memutus perkembangan nyamuk penyebab Demam Berdarah khususnya di musim penghujan seperti saat ini, yang membuat perkembang biakan vektor penular DBD mengalami peningkatan yang sangat pesat.

Dari hasil pemantauan tersebut, juga masih didapati jentik nyamuk yang ditemukan di beberapa tempat, seperti bak penyimpanan air, pot bunga, hingga selokan.

Baca Juga :  PJ Bupati Lihadnyana Harapkan RSIA Puri Bunda Berkontribusi Bangun SDM Buleleng

Kepala UPTD Puskesmas III Dinas Kesehatan Kecamatan Denpasar Selatan, drg. Putu Judy Satyawati Sudarmo mengimbau masyarakat terkait dengan penyebaran virus demam berdarah.

“Untuk masyarakat waspadai penyebaran demam berdarah yang sedang meningkat akhir-akhir ini, serta aktif menjadi Jumantik mandiri dengan senantiasa menjaga kebersihan, melakukan 3M plus, menutup tempat penampungan air agar tidak ada jentik nyamuk yang berkembang biak, menguras penampungan air/bak mandi secara rutin, mencegah adanya genangan air di sekitar rumah, serta tidak menggantung pakaian terlalu lama yang berpotensi menjadi sarang nyamuk,” ucapnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News