SGM Eksplo
Pentingnya Kombinasi Unik Zat Besi & Vitamin C, Dukung Penyerapan Nutrisi Hingga Dua Kali Lipat Agar Anak Tumbuh Maksimal. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Peringatan Hari Gizi Nasional merupakan momentum penting untuk meningkatkan kepedulian berbagai pihak terkait berbagai permasalahan gizi yang masih menjadi isu penting untuk kesehatan generasi maju Indonesia. 1 dari 3 anak Indonesia berusia di bawah 5 tahun mengalami anemia.  Bersama dengan asupan nutrisi yang tidak optimal, anemia menjadi salah satu faktor risiko terjadinya gangguan pertumbuhan (faltering growth) yang merupakan awal terjadinya stunting.

Sebagian besar anemia disebabkan oleh kekurangan zat besi, dan Zat Besi merupakan salah satu nutrisi penting dalam asupan makanan harian anak. Saat asupan Zat Besi tidak tercukupi dalam makanan harian, maka dapat terjadi gangguan perkembangan fungsi kognitif dan pertumbuhan anak. Untuk itu, penting bagi orang tua untuk memastikan bahwa si kecil bisa memenuhi kebutuhan gizi harian dengan optimal, termasuk Zat Besi yang dikombinasikan dengan vitamin C untuk dukung meningkatnya penyerapan zat besi hingga dua kali lipat  sehingga tumbuh kembangnya maksimal.

Presiden Indonesian Nutrition Association, Dr. dr. Luciana B. Sutanto, MS, SpGK(K).,  mengatakan, zat besi memiliki peran penting pada tubuh anak, terutama untuk mendukung tumbuh kembang maksimalnya. Asupan Zat Besi yang tidak adekuat dapat berdampak dalam jangka pendek pada menurunnya kecerdasan, fungsi otak, fungsi motorik anak seperti mudah kelelahan, nafsu makan buruk, serta menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga meningkatkan kemungkinan terjadinya infeksi. Sehingga jika tidak ditangani dengan tepat dapat mempengaruhi performa anak di sekolah, perubahan atensi dan sosial, serta perubahan perilaku pada anak. Pada anak di atas satu tahun, pencegahan anemia dapat dilakukan dengan memberikan makanan gizi seimbang termasuk pangan makanan dan minuman yang mengandung sumber protein hewani yang kaya Zat Besi maupun mikronutrien lain yang mendukung penyerapan Zat Besi seperti vitamin C.  Sebab, kombinasi Zat Besi dan Vitamin C dengan rasio molar 2:1 dapat mendukung peningkatan penyerapan zat besi hingga 2 kali lipat.

“Untuk itu, dalam memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil, bisa juga dipertimbangkan untuk memberikan sumber nutrisi yang difortifikasi dengan kombinasi unik Zat Besi & Vitamin C agar si Kecil bisa tumbuh maksimal,” ucap Dr. dr. Luciana B. Sutanto, MS, SpGK(K).

Baca Juga :  Brio dan HR-V Sumbang Penjualan Tertinggi untuk Honda di Januari 2024

Lebih lanjut, Dr Lucy menambahkan, intervensi melalui pemenuhan nutrisi dan edukasi secara menyeluruh tentang pentingnya memenuhi kombinasi unik Zat Besi dan Vitamin C merupakan upaya yang dapat dilakukan dalam memutus mata rantai anemia baik di lingkup individu, keluarga, kelompok, maupun masyarakat.

Melihat kondisi masih banyaknya anak Indonesia yang kekurangan Zat Besi, dalam rangka merayakan Hari Gizi Nasional 2023, SGM Eksplor melakukan berbagai inisiatif edukasi dengan menggandeng 200 bunda Mombassador untuk menjangkau 2.000 Bunda secara langsung (offline) dan 8.000 bunda secara online di berbagai daerah di Indonesia untuk ikut meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kombinasi unik Zat Besi dan Vitamin C untuk dukung penyerapan nutrisi penting yang maksimal sehingga dapat bantu tumbuh kembang optimal anak.

Marketing Manager SGM Eksplor, Anggi Morika Septie mengatakan, sebagai produk susu pertumbuhan nomor 1 yang dukung majukan lebih dari 75 juta anak Indonesia sejak 1954, SGM Eksplor meyakini bahwa upaya kolaborasi bersama merupakan hal penting yang harus terus dilakukan oleh berbagai pihak untuk menghadapi berbagai tantangan pemenuhan gizi seimbang yang masih dihadapi anak di Indonesia.

“Dalam momentum Hari Gizi Nasional, kami berkolaborasi dengan 200 Bunda Mombassador yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia serta berkolaborasi dengan berbagai pihak seperti Elina Community dan Indonesian Nutrition Association (INA) untuk menyebarkan informasi edukatif tentang pentingnya kombinasi unik Zat Besi dan Vitamin C untuk mendukung tumbuh kembang maksimal anak,” jelas Anggi Morika Septie.

Mombassador merupakan komunitas pengguna produk SGM Eksplor dengan usia anak diatas satu tahun. Seorang Mombassador yang ikut mengedukasi para Bunda, Fanni Abriyanti menyambut baik upaya kolaborasi edukasi yang diinisiasi SGM Eksplor dalam rangka Hari Gizi Nasional.

SGM
Pentingnya Kombinasi Unik Zat Besi & Vitamin C, Dukung Penyerapan Nutrisi Hingga Dua Kali Lipat Agar Anak Tumbuh Maksimal. Sumber Foto : Istimewa

“Saya sebagai seorang Bunda sangat menyadari pentingnya edukasi, terutama dalam hal pemenuhan gizi seimbang bagi anak.  Banyak nutrisi penting yang harus dipenuhi untuk mendukung tumbuh kembang maksimal anak, diantaranya adalah pemenuhan Zat Besi dan Vitamin C. Saya senang Bunda-bunda lainnya antusias mengikuti kegiatan edukasi. Semoga kami dapat menerapkan semua informasi dalam keseharian di rumah dan terus dukung kebutuhan nutrisi anak-anak agar mereka bisa jadi generasi maju,” tambah Fanni Abriyanti.

Dalam upaya pemenuhan akses nutrisi bagi anak Indonesia, selain melakukan berbagai inisiatif kegiatan edukasi, SGM Eksplor juga terus berkomitmen dengan menghadirkan dan mengembangkan produk bernutrisi yang terjangkau dan berkualitas SGM Eksplor Progress-Maxx menghadirkan inovasi susu pertumbuhan satu-satunya yang mengandung IronC™, kombinasi unik Zat Besi & Vitamin C, yang berguna untuk dukung penyerapan nutrisi penting dengan maksimal hingga dua kali lipat, serta mengandung nutrisi lainnya seperti DHA, Minyak ikan tuna, Omega 3&6, Serat pangan, dan Zinc, untuk mendukung anak-anak di Indonesia tumbuh maksimal jadi Generasi Maju, terutama di 4 aspek perkembangan anak, yaitu dukung Daya pikir,  Pertumbuhan Fisik, Pencernaan, dan Daya Tahan Tubuh yang Maksimal.

Baca Juga :  Lakukan Tanam Cabai Serentak, Ketua TP PKK Kota Denpasar Dukung Penurunan Inflasi di Kota Denpasar

Guna terus memberikan dukungan untuk pemenuhan nutrisi dan stimulasi si Kecil yang optimal, SGM Eksplor juga melalukan inisiatif edukasi, diantaranya melalui website www.generasimaju.co.id yang dikunjungi hampir 10 juta ibu setiap tahunnya.

“Melalui website yang kami kembangankan bekerja sama dengan para ahli, para Bunda di Indonesia bisa memperoleh berbagai informasi edukatif tentang nutrisi, tips stimulasi dan tumbuh kembang anak serta juga resep bernutrisi. Tidak hanya itu, kami juga mendukung Bunda melalui layanan Careline SGM Eksplor yang terdiri dari para ahli terpercaya seperti ahli gizi, kebidanan, keperawatan, dan tenaga kesehatan lainnya juga dapat diakses 24/7 dimana saja dan kapan saja Bunda memerlukan saran mengenai nutrisi dan stimulasi,” tambah Anggi.

SGM Eksplor melihat tantangan pemenuhan gizi yang masih dihadapi anak-anak Indoensia perlu menjadi perhatian yang serius mengingat tercapai atau tidaknya mimpi bangsa terkait Generasi Emas Indonesia 2045 sangat ditentukan oleh kualitas anak-anak yang saat ini.

Kedepannya SGM Eksplor akan terus berkomitmen dan berkolaborasi dengan berbagai pihak serta menghadirkan inovasi produk bernutrisi agar dapat mendukung lebih banyak lagi anak-anak Indonesia. Hal ini merupakan upaya dari SGM Eksplor agar anak-anak Indonesia memiliki kesempatan agar tumbuh maksimal jadi Anak Generasi Maju,” tutup Anggi.(*/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News