Ketua K3S Ny. Antari Jaya Negara
Ketua K3S Ny. Antari Jaya Negara Terima BK3S Yogyakarta, Pelajari Masalah Penanganan Kesejahteraan Sosial. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Program kerja kesejahteraan sosial di bawah Dinas Sosial dan sinergitas bersama dengan Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Kota Denpasar mendapat kunjungan studi tiru dari BK3S Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rabu (11/1/2023).

Kunjungan rombongan BK3S DIY yang berjumlah 20 diterima Ketua K3S Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara bersama Wakil Ketua K3S, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua DWP Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana dan Kadis Sosial Denpasar, I Gusti Ayu Laksmi Saraswati di Pusat Layanan Disabilitas Denpasar.

Ketua BK3S Provinsi DIY, Sugiyanto menyampaikan, tujuan datang langsung ke Kota Denpasar untuk melaksanakan studi tiru. Hal ini tidak terlepas dari program kerja Dinas Sosial dan K3S Denpasar sangat tepat untuk kita lakukan studi tiru di DIY.

“Kami datang langsung untuk meningkatkan wawasan tentang program kerja di Dinsos dan KKKS Denpasar,” ujarnya.

Baca Juga :  Malam Final Pemilihan Jegeg Bagus Badung 2019 Berlangsung Meriah

Dijelaskan pula bahwa kehadirannya di Kota Denpasar bersama 20 orang yang terdiri dari kepengurusan BK3S DIY. Ia berharap, apa yang diterapkan di Kota Denpasar menjadi bahan untuk mengajukan usulan ke Pemerintah DIY.

Dalam diskusi, jajaran BK3S DIY antara lain membahas tentang pendanaan dan dukungan SDM dari pemerintah daerah. Dari jawaban yang diperoleh, mereka menyimpulkan bahwa apa yang diterapkan di Kota Denpasar akan dijadikan bahan untuk memacu peningkatan program kerja di BK3S DIY.

Sementara itu, Ketua K3S Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara mengucapkan, terima kasih atas kunjungan dari BK3S Yogyakarta.

“Terima kasih telah memilih Kota Denpasar sebagai daerah kunjungan studi tiru,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan, bahwa program kerja K3S Denpasar merupakan hasil sinergitas bersama Dinsos Denpasar. Pertemuan kali ini tepatnya di Gedung Pusat Layanan Disabilitas sebagai Pusat Assesment dan Layanan Intervensi Terpadu Kota Denpasar yang merupakan salah satu area kerja K3S di samping rumah-rumah lain yang telah didirikan Pemkot Denpasar dalam upaya pelayanan bagi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) salah satunya penyandang disabilitas. Sekretariat K3S sendiri berlokasi di Jl. Sudirman, Denpasar di Gedung Wanita Santi Graha.

Dinas Sosial Kota Denpasar dan K3S bekerja sama dengan Yayasan Peduli Kemanusiaan (YPK) Bali dan Direct Aid Program (DAP) Konsulat Jenderal Australia di Bali, menyediakan fasilitas pelayanan inovatif berupa Rumah Bantu Dengar (RBD) yang merupakan program pelayanan kesehatan THT gratis bagi penyandang disabilitas dan masyarakat tidak mampu.

Baca Juga :  Hari Suci Nyepi Bertepatan Dengan Saraswati, Pemkot Denpasar Gelar Rapat Samakan Persepsi Pelaksanaan

Rumah Berdaya sebagai ruang nyaman bagi penyandang Skizofrenia melalui berbagai kegiatan seni dan keterampilan sesuai bakat dan kemampuan. Rumah Harapan Disabilitas/Graha Nawasena adalah wahana inspirasi, inovasi dan edukasi guna menggugah semangat wirausaha bagi disabilitas.

“Kami berharap dari pertemuan ini nantinya kita bisa sharing program, saling mengisi dan melengkapi dalam upaya memberikan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat. Mudah-mudahan apa yang menjadi tujuan kunjungan dapat kita penuhi,” ujarnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini