Rabies
Kadis Sucipto Harapkan Kesadaran Masyarakat Melakukan VAR Jika Terkena Kasus GHPR. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Komitmen dalam hal menurunkan kasus rabies di Kabupaten Buleleng dibahas dalam rapat monitoring dan koordinasi penanggulangan rabies dan kunjungan direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI bertempat di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng, Selasa (24/1/2023).

Rapat yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng, dr. Sucipto bersama Direktur P2PM Kemenkes RI dan jajarannya membahas terkait program pemerintah Kabupaten Buleleng dalam menekan kasus rabies selama 3 bulan ke depan.

Kadiskes Buleleng, dr. Sucipto mengatakan dalam menekan kasus rabies di Buleleng pihaknya bersama lintas sektoral sudah melakukan beberapa upaya, diantaranya dengan melakukan vaksinasi, membuat peraturan desa (Perdes) serta nantinya akan membentuk Tim Siaga Rabies (Tisira).

Dimana pada tahun ini tidak ada penambahan kasus meninggal akibat rabies seperti yang terjadi pada tahun 2022 yang menyentuh di angka 13 kasus. Dalam menekan hal tersebut pihaknya telah membuka rabies center di masing-masing Puskesmas dan 3 Rumah Sakit Daerah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang terdampak gigitan hewan penular rabies (GHPR). Dimana pada faskes tersebut sudah disiapkan vaksin anti rabies (VAR).

Baca Juga :  Pj Bupati Buleleng Apresiasi Rekomendasi DPRD terkait LKPJ Tahun 2023

“Saya harapkan masyarakat untuk lebih memiliki kesadaran agar datang melakukan VAR apabila terjadi GHPR sehingga secara tidak langsung mampu menekan kasus kematian,” ujarnya.

Selain itu pihaknya juga sangat mengapresiasi dari Kemenkes RI bersama jajarannya karena sudah hadir dan membantu kasus penanganan rabies di Buleleng. Melalui inisiasi dari Kemenkes dalam mengajak desa untuk membuat perdes terkait penanganan rabies sehingga ada penguatan dan perencanaan tentang bahaya rabies tersebut.

“Mudah-mudahan nantinya semua desa dan kelurahan memiliki perdes dan membentuk Tisira. Karena selain perdes,Tisira ini juga sangat berperan mengantisipasi rabies ini,” tutupnya.

Untuk diketahui, pertanggal 24 Januari 2023 capaian vaksinasi anjing di Buleleng sudah menyentuh 90%. Sedanglan untuk perdes, dari 129 desa yang ada di Buleleng 57 diantaranya sudah menerapkannya. Ditargetkan pada bulan Maret capaian vaksinasi dan penerapan perdes di masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Buleleng akan segera rampung.

Sementara itu, mewakili direktur P2PM Kemenkes RI, Kasubdit Siti Ganefa mengungkapkan tujuan diadakannya kunjungan ini adalah sebagai bahan evaluasi dan sejauh mana penanganan yang dilakukan Pemkab Buleleng dalam menekan kasus rabies.

Baca Juga :  Satpol PP Buleleng Gelar Pendataan Penduduk Pendatang

Pihaknya juga sangat mengapresiasi komitmen Pemkab Buleleng karena sudah bergerak cepat dalam menangani rabies dimana dengan menggenjot vaksinasi dan membuat peraturan desa.  Diharapkan melalui komitmen ini buleleng mampu menekan kasus rabies dan menjadi contoh untuk kabupaten lainnya.(adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News