Tabanan
Bupati Sanjaya Buka Secara Resmi Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD SB Kabupaten Tabanan 2024. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Komitmen terhadap pembangunan Kabupaten Tabanan yang menyeluruh, Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE., MM., membuka secara resmi sekaligus memberikan arahan dalam acara Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD SB Kabupaten Tabanan 2024 yang diselenggarakan di ruang rapat lantai III Kantor Bupati Tabanan, Senin (16/1/2023).

Kegiatan yang dimotori oleh Bapelitbang Kabupaten Tabanan ini, turut diikuti oleh peserta dari unsur Forkopimda Tabanan, Pimpinan DPRD, Sekda, para Asisten, para Kepala OPD dan jajaran terkait lainnya di lingkungan Pemkab Tabanan. Nampak juga pimpinan atau perwakilan Instansi Vertikal dan BUMD di lingkungan Pemkab Tabanan.

Disamping itu, Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah Semesta Berencana (RKPD SB) Kabupaten Tabanan 2024 merupakan Amanat Permendagri Nomor 86 Tahun 2017. Forum Konsultasi Publik juga merupakan momen strategis bagi seluruh pemangku kepentingan untuk menyampaikan masukan maupun aspirasi dalam rangka penyempurnaan perencanaan di Kabupaten Tabanan.

Bupati Sanjaya menjelaskan, sesuai Perda Nomor 11 Tahun 2021 tentang RPJMD SB Tahun 2021-2026, visi Pemkab Tabanan yaitu ‘Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana di Kabupaten Tabanan Menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM)’ yang dijabarkan kedalam 3 (tiga) misi, yakni mewujudkan masyarakat yang Aman, masyarakat yang Unggul dan masyarakat yang Madani serta berakhlak mulia.

Baca Juga :  Seleksi Penulis Emerging Indonesia Ubud Writers & Readers Festival 2020 Resmi Dibuka!

Dengan mengambil tema ‘Pengembangan Lanjut Infrastruktur Menuju Awal Kemajuan Teknis dan Profesional Penunjang Daerah Agrowisata’, Bupati Sanjaya menekankan agar tema ini sebagai wujud kesinambungan pembangunan infrastruktur untuk pemerataan dan konektivitas antar wilayah, utamanya daerah agrowisata dan daerah penunjang sekitarnya.

“Pengembangan teknologi informasi dan pengembangan sumber daya manusia untuk meningkatkan daya saing daerah. Mari bersama-sama berkolaborasi untuk menyusun perencanaan yang lebih baik,” pinta Sanjaya.

Politisi asah Dauh Pala Tabanan itu juga berharap, tema ini agar dipedomani dalam tahapan perencanaan selanjutnya dan dapat menjawab permasalahan dan tantangan yang tertuang dalam isu strategis pembangunan di Kabupaten Tabanan. Diantaranya, pada sektor sandang, pangan dan papan, sektor pariwisata dengan mengoptimalkan tata kelola pariwisata berbasis potensi lokal bermodalkan alam, terlebih pada peningkatan kualitas infrastruktur yang menyeluruh, serta dukungan data terpadu (Big Data) dari tingkat Desa hingga Kabupaten (Data Desa Presisi).

Sanjaya juga menghimbau kepada seluruh jajaran agar selalu meningkatkan kebersamaan dan kekompakan yang sudah terjalin baik, sehingga apa yang menjadi visi misi Pemkab bisa segera terwujud.

“Sekali lagi Saya tekankan agar forum ini dilaksanakan sungguh-sungguh sebagai pertanggungjawaban kita kepada masyarakat Tabanan. Bangga menjadi orang Tabanan. Jele melah gumi gelah, jele melah nyama gelah,” imbuh Sanjaya.

Sementara, Kepala Bapelitbang, I Gede Urip Gunawan, menambahkan, bahwa selain untuk menghimpun aspirasi dan harapan para pemangku kepentingan, juga untuk merumuskan masukan dan saran guna penyempurnaan Ranwal RKPD SB Kabupaten Tabanan Tahun 2024 yang nantinya akanmenjadi pedoman dalam Musrenbang RKPD di tingkat Kecamatan dan sebagai pedoman penyempurnaan Ranwal Renja Perangkat Daerah.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini