Pelaksanaan Fogging
Antisipasi Demam Berdarah, Puskesmas II Denpasar Timur Lakukan Fogging. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dalam upaya menurunkan terjadinya angka kasus demam berdarah, pelaksana fogging team dari Dinas Kesehatan Kota melakukan kegiatan fogging di lingkungan Kesiman, Denpasar Timur, Kamis (12/1/2023).

Lurah Kesiman, Nyoman Nuada mengungkapkan, kegiatan fogging merupakan salah satu langkah yang ditempuh untuk mencegah terjadinya penularan penyakit demam berdarah, selain melakukan 3M. Dengan upaya fogging ini diharapkan mampu memutus rantai penularan penyakit demam berdarah dengan lebih cepat.

“Kegiatan ini merupakan langkah penting dalam mengantisipasi angka terjadinya penyakit demam berdarah. Kami pun juga bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Denpasar, Puskesmas II Denpasar Timur, Puskesmas Pembantu Kelurahan Kesiman dan Tim Jumantik Kelurahan Kesiman,” ungkap Nyoman Nuada.

Dari kegiatan ini, terdapat 2 kawasan perumahan yang difogging yaitu di Jalan Surabi dan Lingkungan Pekandelan.

Baca Juga :  Jaya Negara Letakkan Batu Pertama Revitalisasi Pasar Anyarsari

“Kami mengimbau masing-masing lingkungan untuk selalu gotong royong melakukan kebersihan lingkungan,” katanya.

Menghadapi tingkat kasus penyakit demam berdarah, pelaksana fogging team dari Dinas Kesehatan Kota segera mengambil langkah cepat agar nyamuk tidak berkembang. Salah satunya dengan rutin melaksanakan pemantauan langsung ke rumah warga untuk memantau jentik dan menaburkan bubuk abate pada tempat-tempat yang berpotensi untuk berkembangnya jentik nyamuk.

“Tindakan siaga yang dilakukan dalam menghadapi kasus demam berdarah ini yaitu memaksimalkan perilaku 3M (Menguras, Mengubur dan Menutup tempat-tempat penampungan yang berpotensi menjadi tempat berkembangnya jentik nyamuk), mengaktifkan peran jumantik mandiri dan jumantik kelurahan serta kepala lingkungan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait upaya-upaya pencegahan penularan penyakit demam berdarah,” tutupnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini