universitas udayana
Universitas Udayana Lakukan Penandatanganan MoU dengan Hokuriku Electrical Construction dan PT Awina Sinergi International. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JIMBARAN – Universitas Udayana (Unud) menjalin kerja sama dengan Hokuriku Electrical Construction Co.,LTD dan PT Awina Sinergi International yang ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) bertempat di Ruang Bahasa Gedung Rektorat Kampus Jimbaran, Senin (5/12/2022).

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Informasi mewakili Rektor Unud,  Dekan dan Wakil Dekan I beserta Koordinator TU Fakultas Teknik, President Director of Hokuriku Electrical Construction Co.,Ltd, Perwakilan PT Awina Sinergi International, perwakilan AAI Co.,Ltd, PT AGRA serta Koordinator Kerja Sama dan Humas Unud.

Wakil Rektor Prof. I Putu Gede Adiatmika dalam sambutannya menyampaikan sekilas mengenai profil Universitas Udayana dan rencana pengembangan kampus hijau. Lebih lanjut Wakil Rektor menyampaikan pihaknya melihat kehadiran Kokuriku electrical Construction dalam rangka kerja sama energi terbarukan sangat penting. Wakil Rektor sudah mendengar laporan Dekan FT, dimana kerja sama yang akan dibangun yakni dibidang riset energi terbarukan bekerja sama dengan PT Awina Sinergi International dan PT AGRA.

“Oleh karena itu kami berharap kerja sama ini dapat ditindaklanjuti dalam kegiatan nyata sehingga dapat mendukung riset energi terbarukan di Unud. Wakil Rektor juga berharap apa yang sudah direncanakan dapat dilaksanakan dengan baik,” ujarnya.

Baca Juga :  Mikrobiologi Klinik FK Unud Gelar Guest Lecture secara Daring

President Director of Hokuriku Electrical Construction Co.,Ltd YANO Shigeru menyampaikan tujuan ke Unud dalam rangka kerja sama riset bersama PT Awina dengan Unud untuk tema riset energi terbarukan dan pihaknya sangat menantikan hal ini.

Hokuriku sendiri berdiri 78 tahun yang lalu dan saat ini telah memiliki sebanyak 1300 pekerja dengan bidang utama electrical construction tetapi juga akan mengembangkan bisnis-bisnis baru untuk konstruksi lain terkait energi terbarukan. Di Jepang ada target Carbon Netral pada tahun 2050, dan yang menjadi spirit tidak hanya mendukung target carbon netral di Jepang tetapi juga dapat mendukung carbon netral di Indonesia.

Baca Juga :  FH Unud Sukses Gelar National Moot Court Competition Piala Tjokorda Raka Dherana VII Tahun 2022

“Harapannya dapat dilakukan kerja sama jangka panjang dan melalui penandatanganan bisa berjalan lancar serta sesuai yang direncanakan bersama,” pungkasnya.

Perwakilan PT Awina Sinergi International Siti Badriyah menambahkan bahwa PT Awina Sinergi International  menjembatani akademisi dengan pihak swasta baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Harapannya rintisan energi terbarukan bisa menjadi satu solusi kedepan mencapai pengaplikasian energi surya di Indonesia.

Adapun tantangannya kekuatan atap jangka panjang dan pihaknya akan berkolaborasi dengan Fakultas Teknik Unud untuk melakukan riset dengan harapan mempercepat tenaga surya atap di Indonesia. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini