mipa unud
Tim Asesor LAMSAMA Kunjungi Program Studi Fisika Fakultas MIPA Universitas Udayana. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Program Studi Sarjana Fisika Fakultas MIPA Universitas Udayana (Unud) dikunjungi oleh Tim Asesor Lembaga Akreditasi Mandiri Sains Alam dan Ilmu Formal (LAMSAMA) dalam rangka akreditasi, pada 5-8 Desember 2022.

Pembukaan asesmen dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan mewakili Rektor Unud, Selasa (6/12/2022) bertempat di Aula Gedung Perpustakaan Unud Kampus Jimbaran.  Hadir dalam acara pembukaan ini  Ketua LPPM, Perwakilan LP3M, Sekretaris USDI, Kepala Perpustakaan, Ketua Senat, Dekan dan Wakil Dekan Fakultas MIPA beserta Koorprodi dan jajaran serta mahasiswa Prodi Fisika Fakultas MIPA Unud. Adapun Asesor yang hadir yakni Prof. Motlan, M.Sc., Ph.D (Universitas Negeri Medan) dan Prof. Dr. Mitrayana, S.Si.,M.Si (UGM).

Dekan Fakultas MIPA Dra. Ni Luh Watiniasih, M.Sc., Ph.D., dalam sambutannya menyampaikan pelaksanaan akreditasi oleh Asesor LAMSAMA ini menjadi tolak ukur kemajuan dari program studi. Dekan dalam kesempatan ini memaparkan sekilas mengenai profil Fakultas, capaian dari target dan rencana pengembangan ke depan serta internasionalisasi di FMIPA. Untuk penelitian dan publikasi, Prodi Fisika memberikan dukungan yang sangat besar bagi fakultas. Jumlah penelitian dan pengabdian yang dilakukan dari tahun ke tahun semakin tinggi dan Prodi Fisika menduduki urutan ketiga di FMIPA.

“Untuk menunjang kegiatan Prodi yang ada juga akan dibangun gedung laboratorium terpadu dan terintegrasi Fakultas MIPA,” pungkasnya.

Baca Juga :  Peluncuran Program TPAKD Kota Denpasar: Kredit/Pembiayaan Sektor Prioritas Pertanian, Simpanan Pelajar, dan UMKM Bali Nadi Jayanti

Dekan berharap melalui paparan yang disampaikan dapat memberikan informasi kepada Asesor, sehingga mendapat gambaran yang lebih baik.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unud Prof. Ir. Ngakan Putu Gede Suardana, MT.,Ph.D.,IPU menyampaikan asesmen ini dilakukan dalam rangka mewujudkan akuntabilitas publik, program studi harus secara aktif membangun Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Untuk membuktikan bahwa sistem penjaminan mutu internal telah dilaksanakan dengan baik dan benar kemudian dilakukan AMAI (Audit Mutu Akademik Internal) yang rutin dilakukan oleh seluruh Prodi.

Baca Juga :  Sekda Alit Wiradana Lepas Mudik Bersama BUMN PT Pegadaian Kanwil VII

Untuk penjamin mutu juga, maka dilakukan SPME (Sistem Penjaminan Mutu Eksternal) yang dalam hal ini untuk Prodi Fisika Fakultas MIPA dilakukan oleh LAMSAMA. Prodi akan di asesmen lapangan setelah dilakukan asesmen kecukupan. Pada asesmen lapangan apa yang ditulis dalam borang akan dipotret oleh Tim Asesor yang hadir.

“Tentunya apa yang sudah ditulis dalam borang harus dapat dipertangung jawabkan dengan data-data yang ada,” ujar Prof. Ngakan.

Akreditasi merupakan suatu keharusan untuk peningkatan mutu akademik, SDM, sarana, dan yang lainnya. Peningkatan kualitas sumberdaya manusia dari tenaga pendidik dan tenaga kependidikan selalu dilakukan dari waktu ke waktu.

Hal ini sudah menjadi persyaratan untuk memenuhi kelayakan standar mutu institusi pendidikan baik secara nasional maupun internasional, yang pada akhirnya dapat mempengaruhi terhadap pengakuan atas hasil penilaian terhadap lembaga pendidikan tinggi. Harapannya, Prodi Fisika mampu meraih akreditasi unggul, dimana komitmen Rektor bagi Prodi yang terakreditasi Unggul akan didorong menuju akreditasi internasional.

Baca Juga :  Fox Hotel Jimbaran Beach Bali Gelar Aksi Sosial 'The Dedication of Modern Kartini' di SD Negeri 6 Muncan

Sementara Tim Asesor menyampaikan dari paparan Dekan, menunjukkan Fakultas MIPA sudah sangat didukung oleh universitas. Universitas diharapkan dapat menunjang peralatan laboratorium yang dibutuhkan, karena  laboratorium menjadi salah satu syarat perlu dari LAMSAMA. Asesor mengharapkan kerjasama dari Prodi, khususnya dari Taskforce dalam pelaksanaan asesmen ini. LAMSAMA menginginkan bagaimana Prodi-Prodi semakin meningkat kualitasnya dan akan berusaha memberikan saran dan masukan untuk peningkatan mutu tersebut.

Melalui kesempatan tersebut Tim Asesor juga membacakan kode etik dan teknis pelaksanaan asesmen lapangan. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News