panen sayuran
Wali Kota Denpasar, I.G.N Jaya Negara, bersama Kadis Perindag Kota Denpasar, Ni Nyoman Sri Utari, dan kelompok Tani Astagina Guna Karya saat penen sayuran di Rumah Bibit Asta Gina Guna Karya. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Upaya Pemkot Denpasar dalam menekan laju inflasi di Kota Denpasar, kembali menggelar operasi pasar yang pada kesempatan ini juga melibatkan Kelompok Tani Astagina Guna Karya, Desa Padangsambian Klod, yang mengelola Rumah Bibit Asta Gina Guna Karya, yakni pembibitan sayuran guna menjaga ketahanan pangan desa pada Rabu (7/12/2022).

Berlokasi di lapangan Asta Gina Padang Sumbu, Desa Padangsambian Kelod Kecamatan Denpasar Barat, Kota Denpasar, operasi pasar yang digelar oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (DISPERINDAG) Kota Denpasar bertepatan satu lokasi dengan Rumah Bibit Asta Gina Guna Karya yang mengelola pembibitan hingga penanaman sayur seperti, tomat, mentimun, cabe rawit, pakcoy, terong, gambas, dan kangkung.

Baca Juga :  Tingkatkan Etos Kerja, Kepala OPD Badung Diberikan Outbond

Wali Kota Denpasar, I.G.N Jaya Negara didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar, Ni Nyoman Sri Utari yang tampak meninjau langsung operasi pasar dan berkenan melakukan panen sayuran di Rumah Bibit Asta Gina Guna Karya. Jaya Negara mengatakan, pihaknya mengapresiasi inisiatif dari Kelompok Tani Astagina Guna Karya yang melakukan swakelola pembibitan sayur hingga penanaman sayuran guna memenuhi kebutuan sayur di desanya.

“Peran serta kelompok Tani Astagina Guna Karya ini sangat membantu program-program dan strategi ekonomi Pemerintah Kota Denpasar dalam menekan laju inflasi, yakni mengelola pembibitan dan menanam sayuran untuk menjaga ketahanan pangan di desa. Harapan kami peran serta masyarakat bisa melakukan penanaman dirumah masing-masing seperti cabai, atau kangkung untuk memenuhi kebutuhan pribadinya, sehingga dapat menekan kenaikan harga yang dikarenakan tingkat ketergantungan konsumen terhadap pasar,” kata Jaya Negara.

Baca Juga :  Paruman Sulinggih Se-Badung Tahun 2017

Sementara itu, Camat Denpasar Barat, Ida Bagus Made Purwanasara bersama Ketua Kelompok Tani Astagina Guna Karya, I Made Dangin Antara menyampaikan, bibit-bibit sayur yang di budidayakan di Rumah Bibit tidak hanya untuk Rumah Bibit Asta Gina Guna Karya saja, melainkan masyarakat yang ingin menanam dirumah dapat membelinya dengan harga Rp1000,-/bibit pohon.

“Upaya ini sangat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan ditengah laju inflasi,” katanya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini