Nataru
Pasar Murah di CFD, Bupati Sanjaya Harap Mampu Stabilkan Harga Bahan Pokok Menjelang Nataru dan Galungan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Salah satu program Pemerintah Kabupaten untuk menurunkan harga menjelang Nataru, Galungan dan Kuningan, Pemkab Tabanan komitmen gelar pasar murah pada acara Car Free Day. Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE., MM., berharap kegiatan pasar murah dalam acara Car Free Day mampu membantu masyarakat dalam rangka menstabilkan harga kebutuhan pokok menjelang hari raya dan hari besar nasional.

“Kita komimen di bulan Desember ini melaksanakan Care Free Day setiap hari minggu di Kota Tabanan, khususnya saat ini kita rangkai dengan pasar murah dari team TPID Tabanan. Kemarin kami juga mendapat arahan dari Bapak Gubernur dan Kepala BI Bali, bahwa Bali ini juga mengalami inflasi. Nah bagaimana cara mengatasi inflasi, salah satunya adalah kami sinergikan dengan kegiatan seperti ini (pasar murah),” ujar Bupati Sanjaya saat melaksanakan jalan Santai bersama jajaran dalam kegiatan Car Free Day, Minggu (18/12/2022).

Baca Juga :  Pemkab Tabanan Tekankan Sinergitas Dalam Menangani Penyebaran Omicron

Maka dari itu, Pemerintah Kabupaten Tabanan juga melaksanakan pasar murah dengan 25 Stan Pedagang yang berasal dari Pelaku UMKM setempat di Car Free Day ini, yang tujuannya adalah untuk ikut menekan harga sembako, khususnya beras, telor, sayur dan lainnya. Bupati Sanjaya sangat bersyukur bisa menyelenggarakan kegiatan ini sebagai salah satu cara menstabilkan harga, sehingga mampu menekan harga dan juga membantu para Petani dalam mengatasi pemain ataupun tengkulak.

“Ini kan ketika ada inflasi ini, pasti banyak ada pemain yang ingin mengeruk keuntungan di saat-saat seperti ini. Maka, itulah tugas dari Pemerintah untuk mengendalikan, baik melakukan operasi pasar maupun kegiatan seperti ini. Disamping itu, sekarang ini sudah memasuki akhir Desember akan ada Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2023, juga menjelang Hari Raya Galungan 4 Januari 2023 mendatang,” tegas Sanjaya.

Baca Juga :  Kolaborasi Unsur Penting Pengembangan dan Peningkatan UMKM di Buleleng

Politisi asal Dauh Pala Tabanan yang saat itu didampingi jajaran Forkopimda, Sekda dan OPD terkait, juga sempat melakukan perbincangan dengan para pedagang dan petani. Intinya, para pedagang sangat mengapresiasi bantuan dari pemerintah yang bersinergi dengan masyarakat dalam hajatan-hajatan yang dilaksanakan pemerintah, bukan hanya dalam kegiatan Car Free Day ini, namum sebelumnya juga dalam ajang semarak perayaan HUT ke-529 Kota Tabanan dan lainnya.

Hal inilah yang diinginkan oleh Bupati Sanjaya, adanya kolaborasi yang bukan hanya menyehatkan badan, tetapi juga bagaimana meringankan beban kehidupan masyarakat, khususnya dalam menyambut Hari Raya Natal, Tahun Baru dan juga Hari Raya Galungan dan Kuningan. Ini dikatakannya juga akan dilakukan secara simultan dan selalu berkomitmen melakukan sinergi dengan masyarakat, khususnya petani dan pelaku UMKM di Tabanan.

Baca Juga :  Wabup Suiasa Terima Audiensi dari Yowana Kecamatan Abiansemal, Terkait UMKM Generasi Muda

“Inilah tugas Pemerintah. Astungkara ini akan bergulir terus dan reguler kita lakukan, sehingga mampu membantu masyarakat. Tadi petani juga mengatakan, saat sekarang nanam, nanti bulan maret akan over kapasitas, over produksi dan pasti harga akan anjlok. Contoh, sekarang idealnya harga gabah 5 ribu tapi nanti disaat over produksi bisa sampai 4 ribu sampai 3 ribu. Ini sangat merugikan para petani, maka, inilah tugas kita di Pemerintah,” tutup Sanjaya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini