fh unud
Doktor Baru Prodi S3 Ilmu Hukum FH Unud di Penghujung Tahun 2022. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Komang Widiana Purnawan, seorang dosen FH UNUD menyelesaikan pendidikan Doktornya pada Prodi Doktor (S3)  Ilmu Hukum FH UNUD. Sidang Promosi Doktornya dilaksanakan pada Jumat (23/12/2022) bertempat di Aula FH UNUD Kampus Denpasar. Judul disertasi yang dipertahankan ‘Politik Hukum Pengaturan Harta Perkawinan Campuran dalam Pembangunan Hukum Perdata Internasional Indonesia’.

Sidang Promosi Doktor yang berlangsung selama 2 jam dipimpin oleh Dekan FH UNUD Prof. Dr. Putu Gede Arya Sumerta Yasa, S.H.,M.Hum., dan didampingi oleh Promotor Prof. Dr. I da Bagus Wyasa Putra, S.H., S.Hum.,  Ko-Promotor I Dr. I Ketut Westra, S.H., M.H., Ko-Promotor II Dr. I Wayan  Wiryawan, S.H., M.H., serta 4 dewan penguji/penyanggah lainnya.

Baca Juga :  Kebun Pisang Petani di Desa Beng Gagal Panen, Unud Turun Tangan

Doktor baru, Komang Widiana Purnawan menyampaikan bahwa Indonesia tidak memiliki Peraturan khusus di Bidang Hukum Perdata Internasional (HPI) termasuk Belanda, mengenai Politik hukum pengaturan harta perkawinan campuran. Kedepannya pengaturan ini sangat diperlukan untuk mewujudkan keadilan dan  kepastian hukum bagi para pelaku Perkawinan campuran.

Dibutuhkan suatu konsep Penegakan hukum yang berkepastian dengan menerapkan foreign element test dalam setiap perkara yang mengandung unsur asing. Konsep ini mengharmonisasikan asas- asas dan kaidah HPI Indonesia mengenai Perkawinan Campuran dan Pengaturan Harta Kekayaannya dalam rangka mewujudkan rasa keadilan bagi segenap warga negara Indonesia. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini