jembrana
Kembali Raih Penghargaan Nasional, Jembrana Terima Anugerah Perkebunan Indonesia. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Penghujung tahun 2022 Bupati Jembrana, I Nengah Tamba kembali meraih penghargaan dari pemerintah pusat. Kali ini penghargaan tingkat nasional melalui Anugerah Perkebunan Indonesia dari Kementerian Pertanian RI (Direktorat Jenderal Perkebunan) kategori Pengawalan dan Pendampingan Kebijakan Pembangunan Perkebunan.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo Kepada Bupati I Nengah Tamba dalam acara Perkebunan Indonesia Expo (BUNEX) 2022 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Rabu (21/12/2022).

Penghargaan cukup istimewa karena diserahkan kepada tiga Gubernur dan tiga Bupati se-Indonesia salah satunya Kabupaten Jembrana.

Ditemui usai penyerahan penghargaan Bupati Tamba mngungkapkan dirinya memang mencanangkan sektor pertanian itu menjadi DNA-nya masyarakat Jembrana lahir dari petani.

Baca Juga :  Enam Ranperda Disetujui Jadi Perda, Bupati Tamba : Bukti Sinergitas Eksekutif dan Legislatif

Bahkan wujud komitmennya memprioritaskan sektor pertanian, tahun depan sudah mencanangkan anggaran sebesar Rp2 miliar khusus untuk bibit dan pupuk kakao.

“Melalui prioritas itu khususnya dari segi anggaran kita ingin Jembrana kedepan bisa benar-benar sebagai Kabupaten kakao. Ini juga bagian menyongsong Jembrana emas 2026,” kata Bupati Tamba.

Disisi lain, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengatakan, Kementan RI akan menghadapi berbagai tantangan pada masa depan baik Nasional maupun Global. Kementan sebutnya harus sigap serta selalu menjadi learning organization dan bersifat adaptif.

“Tujuannya tak lain untuk membangun kekuatan sekaligus menjawab tantangan perubahan. Kementan juga harus menyusun strategi transformasi untuk masa mendatang,” tandasnya.

Terkait dengan penghargaan bagi daerah dalam Anugerah Perkebunan Indonesia 2022 disebutnya untuk mendorong kemajuan pelaku dan juga komoditi perkebunan serta mewujudkan era baru perkebunan Indonesia.

“Saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada yang hadir dan mengambil peranan dan upaya-upaya menghadirkan perkebunan Indonesia yang makin baik, makin maju dibandingkan yang lalu,”pungkasnya.(ang/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News