Gempa Karangasem
Gempabumi Tektonik M5,2 di Karangasem Tidak Berpotensi Tsunami. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Menurut hasil analisis BMKG, gempa tektonik yang mengguncang wilayah Pantai Timur Karangasem pada Selasa (13/12/2022) pukul 17.38 WIB atau 18.37 WITA menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,1. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8,29° LS ; 115,62° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 1 Km arah Timur Kubu, Karangasem, Bali pada kedalaman 30 km.

Menurut Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Dr. Daryono, S.Si., M.Si., dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas Sesar Naik Flores (Flores back arc thrust).

Baca Juga :  Pj Gubernur Mahendra Jaya Ikuti Prosesi Nedunang Ida Bhatara Serangkaian IBTK di Pura Agung Besakih

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault),” jelas Daryono dalam siaran pers resminya.

Daryono mengatakan, gempabumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Karangasem dengan skala intensitas III-IV MMI, daerah Mataram, Lombok Utara, Lombok Tengah, Lombok Barat, dengan skala intensitas III MMI, daerah Tabanan, Kuta, Buleleng, Lombok Timur dengan skala intensitas II MMI.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” ungkap Daryono.

Hingga pukul 18.30 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 21 aktivitas gempabumi susulan (aftershock) dengan magnitudo terbesar 4,6.

Baca Juga :  Bengkung, Truk Material Galian C Tetap Melintasi Jalur Rendang

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” imbau Daryono.(tis/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News