Wawali Arya Wibawa
Wawali Arya Wibawa Hadiri Upacara Mecaru Rsi Gana, Melaspas dan Ngenteg Linggih Di Pura Siwa Guru Bhujangga. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Bertepatan Sanicara Kliwon Wuku Landep Warga Banjar Pondok Desa Adat Peguyangan melaksanakan Upacara Caru Rsi Gana, Melaspas  dan Ngenteg Linggih di Pura Siwa Guru Bhujangga Banjar Pondok Desa Adat Peguyangan, Sabtu (5/11/2022). Upacara ini hadiri Wakil Wali Kota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa.

Dalam kesempatan itu Wakil Wali Kota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa mengatakan, upacara ini merupakan prosesi untuk melinggihkan Ida Sang Hyang Widi Wasa dalam manifestasinya di tempat suci. Upacara ini juga untuk meningkatkan sradha dan bakti umat kehadapan Tuhan yang Maha Esa.

Baca Juga :  Antisipasi Mei Day, Polsek Kediri Siaga I

“Semoga dengan dilaksanakannya upacara ini ke depan masyarakat Banjar Pondok Desa Adat Peguyangan diberikan kerahayuan,” kata Arya Wibawa.

Ketua Panitia Upacara, I Nyoman Sunarya mengatakan, upacara ini dilaksanakan karena talah usai melakukan pamugaran atau renovasi pelinggih pelinggih yang berlangsung sejak tahun 2015 lalu.

“Karena fisiknya sudah selesai dibangu selanjutnya dilakukan penyucian   dengan prosesi upacara sesuai dengan sastra dan tradisi,” kata Sunarya.

Menurut Sunarya proses upacara telah berlangsung dari tanggal 30 Oktober2022 lalu diawali dengan prosesi ngawit karya, melaspas tetaring. Untuk hari ini adalah puncak acara diawali dengan Upacara Tawur, Melaspas Agung, Pedudusan Agung dan Ngenteg Linggih. Sedangkan tanggal 8 November 2022 mendatang pelaksanaan upacara penyenukan dan penyineban.

Baca Juga :  STT Putra Samudra Gandeng Tim Bali Resik Provinsi Bali Bersihkan Pantai Pabean

Upacara ini di puput oleh Ida Rsi Bujangga dari Gerya Tembau dengan menggunakan sarana upakara tingkatan utama yakni   menggunakan pulegembal, bebangkit dan catur.

Dana dalam pelaksanaan upacara ini merupakan swadaya dari pengempon sebanyak 55 KK dan bantuan dari Pemerintah Kota Denpasar.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini