ngayah topeng
Wali Kota Jaya Negara Hadiri Pujawali Agung di Banjar Sapta Bumi Desa Tegal Harum. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Wali Kota Denpasar, I.G.N Jaya Negara menghadiri Pujawali Agung sekaligus ngayah Nopeng (menari topeng) Arsa Wijaya di Banjar Sapta Bumi, Desa Tegal Harum, Kecamatan Denpasar Barat pada Selasa (8/11/2022).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar, Made Muliawan Arya, Sekretaris Daerah Kota Denpasar, I.B Alit Wiradana, dan Perbekel Desa Tegal Harum, I Komang Adi Widiantara serta undangan lainnya.

Kelian Adat Br. Sapta Bumi, Putu Pancayasa saat ditemui mengatakan hari ini merupakan pleaksanaan upacara Pujawali Agung, dan upacara ini rutin dilaksanakan setiap 3 tahun sekali di Br. Sapta Bumi.

Lebih lanjut dikatakannya, Pujawali Agung ini rutin dilaksanakan setelah pelaksanaan Pujawali Alit yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali oleh warga Br. Sapta Bumi.

Baca Juga :  Tingkatkan Inklusi dan Literasi Keuangan Milenial, Badung Gelar Acara Talkshow dan Launching Agen Muda Melek Investasi

“Ini merupakan bentuk wujud bhakti kami terhadap Ida Sang Hyang Widhi Wasa, apalagi upacara ini sempat ditiadakan karena terhalang oleh pandemi Covid-19. Dan kami berharap agar pandemi ini segera berakhir sehingga kedepannya masyarakat Bali khususnya di Kota Denpasar dapat melaksanakan kegiatan yadnya sebagaimana mestinya,” kata Putu Pancayasa.

Selebihnya pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Denpasar dan khususnya kepada Bapak Walikota IGN. Jaya Negara telah menyempatkan diri untuk ngayah Nopeng Arsa Wijaya.

“Dengan adanya pergelaran Topeng Wali serta tarian lainnya ini kami harapkan agar para generasi muda kedepannya dapat mencontoh untuk melanjutkan tradisi dan budaya yang ada diBali agar tidak tergerus oleh jaman,” ucapnya.

Sementara Wali Kota Denpasar, I.G.N Jaya Negara mengatakan Kota Denpasar yang merupakan kota yang berwawasan budaya maka kegiatan masyarakatnya tak luput dari aktivitas adat, seni, dan kebudayaan yang kental.

“Kami berharap dengan dilaksanakannya upacara ini dapat meningkatkan rasa sradha bhakti kepada Ida Sang hyang Widhi Wasa. Selain itu tentu juga dapat meningkatkan hubungan yang harmonis kepada sesama umat di Kota Denpasar dan khususnya warga di Desa Tegal Harum sendiri,” kata Jaya Negara.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini