mengantar WNA
Petugas Imigrasi Singaraja ketika mengantar WNA Polandia setelah dilakukan deportasi. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – DPL Warga Negara Asing (WNA) asal Polandia terpaksa harus dideportasi oleh Imigrasi Kelas II TPI Singaraja, Senin (21/11/2022) sekitar pukul 21.45 Wita melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar. Deportasi itu dilakukan setelah DPL dinyatakan selesai menjalani masa tahanan selama 3,3 tahun di Lapas Kelas IIB Karangasem akibat tersandung kasus Skimming pada 2019 lalu.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja Nanang Mustofa menyampaikan DPL datang ke Indonesia pada 3 Agustus 2019 dengan menggunakan bebas Visa Kunjungan. Akan tetapi Ia tersandung kasus Skimming ATM di wilayah Karangasem. Akhirnya DPL dijerat dengan pasal 33 jo. Pasal 49 UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik sesuai dengan putusan Pengadilan Negeri Amlapura Nomor: 95/Pid.Sus/2019/PN AP dengan masa pidana penjara selama 3,3 tahun.

Baca Juga :  Persembahyangan Bersama di Pura Kertha Buana Polres Tabanan

“DPL ini sebelumnya terjerat kasus Skimming ATM dan dihukum selama 3,3 tahun di Lapas Kelas IIB Karangasem karena telah selesai menjalani hukuman yang bersangkutan kita jemput kemarin (Senin) untuk proses selanjutnya,” ungkapnya saat dikonfirmasi, Selasa (22/11/2022).

Sesampainya di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja, DPL kemudian ditempatkan di Ruang Detensi Imigrasi Singaraja sambil menunggu semua kelengkapan administrasi terpenuhi. Lalu terhadap yang bersangkutan akhirnya dikenakan Tindakan Administrasi Keimigrasian (TAK) berupa deportasi dan penangkalan berdasarkan Pasal 75 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

Baca Juga :  Wabup Kasta Gugah Semangat Nasionalisme Calon Paskibra

“Dia (DPL) disangka telah melakukan kegiatan membahayakan keamanan dan ketertiban umum, serta tidak menghormati dan mentaati peraturan perundang-undangan,” terang Nanang.

Kini DPL telah dipulangkan kembali ke Polandia pada Senin malam menggunakan penerbangan Singapore Airlines Nomor SQ947 (Denpasar–Singapura) dengan tujuan akhir Frankfurt, Jerman, kemudian dilanjutkan dengan perjalanan bus menuju Polandia.(dar/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini